MENGEMBANGKAN KREATIVITAS ANAK USIA DINI MELALUI SENI MUSIK ANGKLUNG DI KELOMPOK A RA NURUL HUDA KALIBARU MANIS BANYUWANGI TAHUN 2022/2023

Afkarina, Izza (2024) MENGEMBANGKAN KREATIVITAS ANAK USIA DINI MELALUI SENI MUSIK ANGKLUNG DI KELOMPOK A RA NURUL HUDA KALIBARU MANIS BANYUWANGI TAHUN 2022/2023. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Izza Fiks_Revisi Skripsi.pdf

Download (4MB)

Abstract

Izza Afkarina, 2023 : Mengembangkan Kreativitas Anak Usia Dini Melalui Seni Musik Angklung Di Kelompok A Ra Nurul Huda Kalibaru Manis Banyuwangi
Kata Kunci :Seni Musik Angklung, Mengembangkan Kreativitas Anak.
Seni musik angklung yang terbuat dari bambu dan dapat dimainkan secara perorangan maupun berkelompok. Selain menyenangkan seni musik angklung juga bermanfaat melatih sensitivitas telinga anak, dan juga bermanfaat membuat anak mampu membangun koordinasi yang baik di antara indera yang dimilikinya. Dalam seni musik angklung terkadang nilai gotong royong, disiplin, kreativitas, ketangkasan, konsentrasi dan tanggung jawab. Tujuan bermain angklung adalah mengajak anak untuk mempelajari bagaimana cara memainkannya dengan cara yang menyenangkan. Setelah penulis melakukan Prasurvey di RA Nurul Huda Kalibaru Manis terdapat salah satu indikator kreativitas dalam perkembangannya belum mencakup tahap perkembangan yang seharusnya. Hal ini dibuktikan dengan beberapa tingkah laku anak saat observasi berlangsung diantaranya: Anak belum mampu mempermainkan alat musik angklung dengan benar, contohnya anak masih dibantu guru saat memainkan alat musik angklung.
Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah: 1) Bagaimana perencanaan mengembangkan Kreativitas anak melalui Seni Musik Angklung Pada Kelompok A di RA Nurul Huda Kalibaru Manis ? 2) Bagaimana proses pelaksanaan mengebangkan Kreativitas anak Melalui Seni Musik Angklung Pada Kelompok A di RA Nurul Huda Kalibaru Manis ? 3) Bagaimana evaluasi mengembangkan kreativitas anak melalui seni musik angklung pada kelompok A di di RA Nurul Huda Kalibaru Manis ?
Tujuan penelitian ini adalah : 1) Mendeskripsikan mengembangkan kreativitas anak dalam pembelajaran seni musik angklung pada kelompok A di RA Nurul Huda Kalibaru Manis Banyuwangi, 2) Mendeskripsikan proses dalam mengembangkan kreativitas anak dalam pembelajaran seni musik angklung pada kelompok A di RA Nurul Huda Kalibaru Manis Banyuwangi, 3) Mendeskripsikan evaluasi mengembangkan kreativitas musik angklung pada kelompok A di RA Nurul Huda Kalibaru Manis Banyuwangi.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan jenis deskripsi. teknik pengumpulan data menggunakan observai, wawancara, dan dokumentasi. Kemudian teknik Analisis data menggunakan kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Sedangkan untuk menentukan keabsahan data dengan teknik triangulasi sumber dan triangulasi teknik.
Hasil penelitian ini : 1) perencanaan mengembangkan Kreativitas anak melalui Seni Musik Angklung : mengadakan RAKER, membahas PROTA, PROSEM dan RPPH. 2) Proses Pelaksanaan Pengembangan Kreativitas Melalui Seni Musik Angklung : Kalibaru Banyuwangi terdiri dari kegiatan awal yaitu guru memperkenalkan judul kreativitas beserta materi terkait seni music angklung tersebut. 3) Evaluasi Mengembangkan Kreativitas Anak Melalui Seni Musik Angklung : pertama guru menentukan fokus yang akan di evaluasi seperti sikap, mandiri, disiplin, tanggung jawab dll. Kemudian menyusun desain evaluasi seperti Ceklis Penilaian berupa Capaian Perkembangan Indikator

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130303 Education Assessment and Evaluation
Depositing User: Izza Afkarina
Date Deposited: 05 Jan 2024 02:02
Last Modified: 05 Jan 2024 02:02
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/31496

Actions (login required)

View Item View Item