KOMIK SEBAGAI MEDIA DAKWAH(ANALISIS PESAN DAKWAH PADA AKUN INSTAGRAM MUSLIM SHOW INDONESIA DALAM PERSPEKTIF CHARLES SANDERS PIERCE)

Alwi Hasan Humaini, Alwi (2024) KOMIK SEBAGAI MEDIA DAKWAH(ANALISIS PESAN DAKWAH PADA AKUN INSTAGRAM MUSLIM SHOW INDONESIA DALAM PERSPEKTIF CHARLES SANDERS PIERCE). Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Shiddiq Jember.

[img] Text
ALWI HASAN HUMAINI _ D20191144.pdf

Download (3MB)

Abstract

Alwi Hasan Humaini, 2023. “Komik Sebagai Media Dakwah (Analisis Pesan
Dakwah Pada Akun Instagram Muslim Show Indonesia Dalam Perspektif Charles
Sanders Pierce).”
Kata Kunci: Pesan Dakwah, Komik, The Muslim Show Indonesia, Instagram,
Semiotika.
Seiring perkembangan zaman, teknologi komunikasi dan informasi terus
mengalami kemajuan. Hal tersebut ditandai dengan maraknya media sosial
sebagai media komunikasi serta wadah untuk opini publik, mubaligh, dan para
pelaku dakwah menggunakannya sebagai media dakwah seperti Facebook dan
Instagram. Untuk menarik perhatian masyarakat terutama kalangan remaja, tentu
dibutuhkan suatu wadah untuk mengemas pesan-pesan agama lebih menarik,
seperti komik. Salah satu akun instagram yang aktif berbagi pesan-pesan dakwah
melalui komik yakni akun @muslimshowindonesia.
Fokus Penelitian dalam skripsi ini adalah: 1) Bagaimana representamen,
object, dan interpretan dalam komik The Muslim Show Indonesia Di Akun
Instagram @muslimshowindonesia? 2) Apa saja pesan dakwah yang terkandung
dalam komik The Muslim Show Indonesia Di Akun Instagram
@muslimshowindonesia?.
Penelitian ini bertujuan untuk Untuk mengetahui representamen, object,
dan interpretan dalam komik The Muslim Show Indonesia di Akun Instagram
@muslimshowindonesia serta mengetahui pesan dakwah yang terkandung dalam
komik tersebut.
Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif
deskriptif yang bertujuan untuk memahami fenomena tentang apa yang dialami
oleh subjek penelitian. Dalam pengumpulan datanya, peneliti menggunakan
teknik studi pustaka dan dokumentasi. Sementara dalam keabsahan datanya
menggunakan triangulasi sumber.
Hasil dari penelitian ini adalah terdapat tanda dari representament, objek, dan
interpretan dalam postingan komik akun @muslimshowindonesia yang
menunjukkan pesan dakwah yang tergolong dalam Aqidah, Akhlak, dan Syari'ah.
Dari 20 postingan yang dianalisis, terdapat 17 pesan dakwah diantaranya ialah
berbakti kepada orang tua, tamak, istikharah, qana'ah, jangan tinggalkan sholat,
menjalin persaudaraan/pertemanan, bulan ampunan, tetap istiqomah, bahaya 'ain,
iri, berbohong, menahan hawa nafsu, sabar, tawadhu', berlomba-lomba dalam
kebaikan, pentingnya ilmu agama, dan intropeksi diri.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE > 2001 Communication and Media Studies > 200101 Communication Studies
20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE > 2001 Communication and Media Studies > 200102 Communication Technology and Digital Media Studies
20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE > 2001 Communication and Media Studies > 200105 Organisational, Interpersonal and Intercultural Communication
Depositing User: Alwi Hasan AHH Alwi
Date Deposited: 04 Jan 2024 01:57
Last Modified: 04 Jan 2024 01:57
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/31505

Actions (login required)

View Item View Item