PEMBELAJARAN BERBASIS MULTIPLE INTELLIGENCES PADA MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK KELAS XII MIPA MADRASAH ALIYAH MADINATUL ULUM JEMBER TAHUN PELAJARAN 2022/2023

HASANAH, LATIFATUL (2023) PEMBELAJARAN BERBASIS MULTIPLE INTELLIGENCES PADA MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK KELAS XII MIPA MADRASAH ALIYAH MADINATUL ULUM JEMBER TAHUN PELAJARAN 2022/2023. Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
SKRIPSI LATIFATUL H T20191369.pdf

Download (4MB)

Abstract

Latifatul Hasanah, 2023 : Pembelajaran Berbasis Multiple Intelligences Pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak Kelas XII MIPA Madrasah Aliyah Madinatul Ulum Jember Tahun Pelajaran 2022/2023.
Kata Kunci : Pembelajaran, Multiple Intelligences, Akidah Akhlak

Proses pembelajaran dalam pendidikan memiliki peran penting untuk menambah dan mengembangkan ilmu pengetahuan, oleh karena itu guru sebagai pendidik juga ikut berperan penting dalam menciptakan pembelajaran yang menarik dan menyenangkan, sehingga dapat menanggulangi adanya respon pasif dari peserta didik. Salah satu inovasi untuk menciptakan pembelajaran yang menarik yaitu dengan menerapkan pembelajaran berbasis multiple intelligences yang mana pembelajaran ini berpusat pada peserta didikdan disajikan dengan mempertimbangkan tipe kecerdasan peserta didik yang beragam, sehingga peserta didik dapat belajar dengan nyaman sesuai gaya belajar yang dibutuhkan.
Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah : 1) Bagaimana tujuan pembelajaran berbasis multiple intelligences pada mata pelajaran Akidah Akhlak kelas XII di Madrasah Aliyah Madinatul Ulum, 2) Bagaimana metode pembelajaran berbasis multiple intelligences pada mata pelajaran Akidah Akhlak kelas XII di Madrasah Aliyah Madinatul Ulum, 3) Bagaimana evaluasipembelajaran berbasis multiple intelligences pada mata pelajaran Akidah Akhlak kelas XII di Madrasah Aliyah Madinatul Ulum.
Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah : 1) Mendeskripsikan Tujuan pembelajaran berbasis multiple intelligences pada mata pelajaran Akidah Akhlak kelas XII di Madrasah Aliyah Madinatul Ulum. 2) Mendeskripsikan metode pembelajaran berbasis multiple intelligences pada mata pelajaran Akidah Akhlak kelas XII di Madrasah Aliyah Madinatul Ulum. 3) Mendeskripsikan Evaluasi pembelajaran berbasis multiple intelligences pada mata pelajaran Akidah Akhlak kelas XII di Madrasah Aliyah Madinatul Ulum.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan jenis fenomenologis, teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan Model Miles and Huberman yang terdiri dari kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Uji keabsahan data menggunakan metode triangulasi data yang berupa triangulasi sumber dan teknik, dimana untuk menguji kredibilitas data dengan mengecek data dari sumber yang berbeda dan teknik yang berbeda.
Hasil penelitian ini menyatakan bahwa 1)Tujuan pembelajaran berbasis multiple intelligences pada mata pelajaran Akidah Akhlak kelas XII yaitu penanaman dan penguatan akidah serta pembiasaan mengamalkan akhlak terpuji dalam kehidupan sehari-hari sebagai bekal bermasyarakat bagi peserta didik, 2) Metode pembelajaran berbasis multiple intelligences pada mata pelajaran akidah akhlak kelas XII yang digunakan metode ceramah, diskusi, presentasi, penugasan, mind mapping, movie learning, dan resitasi, dan dikombinasikan dengan kegiatan multiple intelligences untuk mengembangkan kecenderungan kecerdasan peserta didik yang beragam, dan 3) Evaluasi pembelajaran berbasis multiple intelligences pada mata pelajaran akidah akhlak kelas XII menggunakan penilaian formatif, sumatif dan penilaian autentik yang terdiri dari penilaian kognitif, afektif, dan psikomotorik. Penerapan pembelajaran berbasis multiple intelligences pada mata pelajaran akidah akhlak ini selain dapat mengembangkan kecenderungan kecerdasan peserta didik juga dapat meningkatkan semangat belajar, dan menciptakan pembelajaran yang menarik, sehingga pembelajaran ini efektif dan layak untuk terus diterapkan dan dikembangan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: MIS LATIFATUL HASANAH
Date Deposited: 05 Jan 2024 02:06
Last Modified: 05 Jan 2024 02:06
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/31507

Actions (login required)

View Item View Item