Pembentukan kontrol diri melalui dzikir asmaul husna pada siswa di SMA Negeri 1 Tarik Sidoarjo

Yuhro, Diana Rahmawati (2024) Pembentukan kontrol diri melalui dzikir asmaul husna pada siswa di SMA Negeri 1 Tarik Sidoarjo. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text (Pembentukan Kontrol Diri Melalui Dzikir Asmaul Husna Pada Siswa di SMA Negeri 1 Tarik Sidoarjo)
Diana Rahmawati Yuhro_D20185032.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Kehidupan seorang remaja bisa dibilang sebagai masa-masa krusial. Dimana ia dihadapkan dengan masalah pendidikan, pertemanan atau bahkan masalah dengan dirinya sendiri. Disamping itu hingga kini masih banyak dijumpai kasus kenakalan remaja di lingkungan sekitar. Untuk dapat menjalani kehidupan yang aman, damai, dan sejahtera para remaja hendaknya bisa memiliki rasa kontrol diri yang tinggi. Saat di sekolah sendiri para remaja juga mulai dibiasakan membaca dzikir Asmaul Husna agar selalu bisa mendekatkan diri kepada Allah hingga bisa menjadi pribadi yang lebih bisa mengontrol dirinya.
Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah: 1) Bagaimana pembentukan kontrol diri melalui dzikir Asmaul Husna pada siswa di SMA Negeri 1 Tarik Sidoarjo? 2) Apa manfaat Asmaul Husna pada pembentukan kontrol diri melalui dzikir Asmaul Husna pada siswa di SMA Negeri 1 Tarik Sidoarjo? 3) Bagaimana hasil yang diperoleh setelah pembentukan kontrol diri melalui dzikir Asmaul Husna pada siswa di SMA Negeri 1 Tarik Sidoarjo?
Tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui pembentukan kontrol diri melalui dzikir Asmaul Husna pada siswa di SMA Negeri 1 Tarik Sidoarjo. 2) Untuk mengetahui manfaat Asmaul Husna pada pembentukan kontrol diri melalui dzikir Asmaul Husna pada siswa di SMA Negeri 1 Tarik Sidoarjo. 3) Untuk mengetahui hasil yang diperoleh setelah pembentukan kontrol diri melalui dzikir Asmaul Husna pada siswa di SMA Negeri 1 Tarik Sidoarjo.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan jenis pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi.
Penelitian ini sampai pada simpulan bahwa 1) Proses terbentuknya kontrol diri pada siswa SMA Negeri 1 Tarik, dilakukan oleh guru BK yang ada di sekolah dengan penyediaan layanan informasi; 2) Manfaat Asmaul Husna bagi siswa SMA Negeri 1 Tarik adalah membentuk karakter siswa yang beriman dan bertakwa, senantiasa memiliki kelembutan hati, senantiasa mendapatkan perlindungan dari Allah SWT, dan dimudahkan memahami pelajaran; 3) Hasil yang diperoleh setelah pembentukan kontrol diri melalui dzikir Asmaul Husna pada siswa di SMA Negeri 1 Tarik adalah memiliki progress yang baik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES > 1701 Psychology > 170103 Educational Psychology
Depositing User: Diana Rahmawati Yuhro
Date Deposited: 04 Jan 2024 03:30
Last Modified: 04 Jan 2024 03:30
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/31518

Actions (login required)

View Item View Item