Peran Kelompok Sadar Wisata Dalam Pemberdayaan Masyarakat Melalui Pengembangan Wisata Pantai Dubibir Di Desa Ketah Kecamatan Suboh Kabupaten Situbondo

Ramadhan, Fitrah Wali (2023) Peran Kelompok Sadar Wisata Dalam Pemberdayaan Masyarakat Melalui Pengembangan Wisata Pantai Dubibir Di Desa Ketah Kecamatan Suboh Kabupaten Situbondo. Undergraduate thesis, UIN KH. Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Fitrah Wali Ramadhan_D20182011.pdf

Download (2MB)

Abstract

Fitrah Wali Ramadhan, 2023 : “Peran Kelompok Sadar Wisata Dalam Pemberdayaan Masyarakat Melalui Pengembangan Wisata Pantai Dubibir Di Desa Ketah Kecamatan Suboh Kabupaten Situbondo.”

Kata Kunci: Peran Pokdarwis, Pemberdayaan Masyarakat, Pengembangan Wisata.

Kelompok Sadar Wisata adalah sebuah kelompok yang mempunyai peran penting dalam membangun kesadaran masyarakat terhadap suatu wisata yang ada di sekitarnya. Kota Situbondo memiliki potensi alam yang dijadikan tempat wisata salah satunya yaitu Pantai Dubibir yang terletak Di Desa Ketah.
Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah: 1) Bagaimana peran Pokdarwis dalam pemberdayaan masyarakat melalui pengembangan wisaata Pantai Dubibir Di Desa Ketah Kecamatan Suboh Kabupaten Situbondo? 2) Bagaimana Pokdarwis dalam memberdayakan masyarakat melalui pengembangan wisata Pantai Dubibir Di Desa Ketah Kecamatan Suboh Kabupaten Situbondo? 3) Apa Saja Faktor Penghambat dan Pendukung peran Pokdarwis dalam pemberdayaan masyarakat melalui pengembangan wisata Pantai Dubibir Di Desa Ketah Kecamatan Suboh Kabupaten Situbondo?
Tujuan dari penelitian skripsi ini adalah: 1) Untuk Mengetahui Peran Pokdarwis Dalam Pemberdayaan Masyarakat Melalui Pengembangan Wisata Pantai Dubibir Untuk mengetahui dampak Pokdarwis dalam mengembangkan Wisata Pantai Dubibir. 2) Untuk mengetahui Pokdarwis dalam memberdayakan masyarakat Melalui Pengembangan Wisata Pantai Dubibir. 3)Untuk Mengetahui Faktor Penghambat dan Pendukung Peran Pokdarwis Dalam Pemberdayaan Masyarakat Melalui Pengembangan Wisata Pantai Dubibir.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data mengunakan model analisis data interaktif Milles & Huberman yang meliputi dari kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Dan keabsahan data diuji menggunakan triangulasi tekmik dan triangulasi sumber.
Hasil penelitian ini adalah (1) Peran Pokdarwis dalam pemberdayaan masyarakat telah sesuai dengan menggunakan 4 peran, (2) Pokdarwis dalam memberdayakan masyarakat melalui beberapa tahapan pemberdayaan masyarakat, prinsip-prinsip pemberdayaan masyarakat dan metode pemberdayaan masyarakat. (3) Faktor pendukung dalam kegiatan adalah Keterlibatan Pengurus yang aktif dan Pemanfaatan Sosial Media. Adapun faktor penghambat yaitu kurangnya Sumber Daya Manusia

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1508 Other1503 Commerce, Management, Tourism and Services
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Man Fitrah Wali Ramadhan
Date Deposited: 04 Jan 2024 03:14
Last Modified: 04 Jan 2024 03:14
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/31524

Actions (login required)

View Item View Item