PEMBIASAN SHALAT BERJAMAAH DALAM MENINGKATKAN KEDISIPLINAN SISWA SMPN 1 JELBUK TAHUN PELAJARAN 2022/2023

Hodri, Muhammad (2023) PEMBIASAN SHALAT BERJAMAAH DALAM MENINGKATKAN KEDISIPLINAN SISWA SMPN 1 JELBUK TAHUN PELAJARAN 2022/2023. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Shiddiq Jember.

[img] Text
SKRIPSI FIXX.. PEMBIASAAN SHALAT BERJAMAAH baru (1).pdf

Download (2MB)

Abstract

Muhammad Hodri, 2023. “Pembiasaan Shalat Berjamaah Dalam Meningkatkan Kedisiplinan Siswa Smpn 1 Jelbuk Tahunt Pelajaran 2022/2023”
Kata Kunci: Pembiasaan Shalat Berjamaah, Kedisiplinan Siswa.
Inovasi dalam Pendidikan di sekolah sangat di perlukan untuk mencapai suatu tujuan pendidikan. Salah satu inovasi yang diterapkan di SMPN 1 Jelbuk yakni Pembiasaan shalat berjamaah yang memiliki peran signifikan dalam meningkatkan kedisiplinan siswa.
Adapun fokus pada penelitian ini adalah 1). Bagaimana Pembiasaan Shalat Berjamaah Dalam Meningkatkan Kedisiplinan Siswa SMPN 1 Jelbuk? 2). Apa saja faktor-faktor pendukung dan penghambat dalam pembiasaan shalat berjemaah di SMPN 1 Jelbuk?
Pendekatan penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan jenis penelitian yaitu penelitian lapangan (field research). Teknik pengumpulan datanya menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan analisis datanya menggunakan Model Milles dan Huberman dan keabsahan data yang digunakan yaitu triangulasi sumber dan triangulasi teknik.
Pembiasaan shalat berjamaah yang dilaksanakan secara rutin di sekolah dapat membentuk karakter disiplin pada siswa, sopan santun, menumbuhkan rasa sosial dan dapat merubah kebiasaan tidak baik menjadi lebih baik saat di lingkungan sekolah atau pun dirumah. Pembiasaan shalat berjamaah di sekolah dapat berjalan sesuai dengan harapan atau rencana jika kerja sama atau gotong royong dari guru PAI dan semua guru untuk mendorong siswa melaksanakan kegiatan tersebut, memotivasi siswa dan tersedianya fasilitas pendukung shalat berjamaah. Dan pembiasan shalat berjamah di sekolah dapat terhambat jika beberapa hal yaitu lingkungan sekolah yang terbiasa kurang disiplin saat melaksanakan kegiatan, fasilitas kurang mendukung, godaan teman dan kurangnya kesadaran dalam diri siswa tentang kewajiban shalat (faktor internal).

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220499 Religion and Religious Studies not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Muhammad Hodri
Date Deposited: 04 Jan 2024 04:03
Last Modified: 04 Jan 2024 04:03
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/31525

Actions (login required)

View Item View Item