Rodiah, Siti (2024) IMPLEMENTASI SYARIAH MARKETING DALAM MENINGKATKAN KEPUASAN NASABAH PADA BMT UGT NUSANTARA CAPEM WIROLEGI SUMBERSARI JEMBER. Undergraduate thesis, UIN Kiai Achmad Siddiq Jember.
Text
Siti Rodiah E20191208.pdf Download (2MB) |
Abstract
ABSTRAK
Siti Rodiah, Moch. Chotib, 2023: Implementasi Syariah Marketing Dalam
Meningkatkan Kepuasan Nasabah Pada BMT UGT Nusantara Capem
Wirolegi. Sumbersari Jember, menggunakan metode penelitian kualitatif.
Kata kunci : Syariah Marketing, Kepuasan Nasabah, dan BMT UGT Nusantara
Capem Wirolegi, Sumbersari Jember.
Salah satu lembaga keuangan mikro syariah yang berbentuk koperasi adalah
Baitul Maal wat Tamwil (BMT). BMT merupakan lembaga keuangan syariah yang
beroperasi menggunakan gabungan konsep “Baitul tamwil dan Baitul maal” dengan
target operasionalnya fokus kepada sektor Usaha Kecil Menengah (UKM).
Fokus masalah yang diteliti dalam skripsi ini adalah: 1. Bagaimana
implementasi karakteristik Syariah marketing dalam meningkatkan kepuasan
nasabah pada BMT UGT Nusantara Capem Wirolegi. 2. Bagaimana implementasi
prinsip-prinsip Syariah marketing dalam meningkatkan kepuasan nasabah pada BMT
UGT Nusantara Capem Wirolegi, dengan pendekatan penyusunan kualitatif,
pengumpulan data dengan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis
data yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif dengan tujuan untuk
mendeskripsikan data-data yang penyusun kumpulkan tentang implementasi
karakteristik dan prinsip-prinsip Syariah Marketing dalam meningkatkan kepuasan
nasabah pada BMT UGT Nusantara Capem Wirolegi, Sumbersari Jember.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana
implementasi karakteristik dan prinsip-prinsip syariah marketing pada BMT UGT
Nusantara Capem Wirolegi. Seiring berjalannya waktu, perkembangan lembaga
keuangan terus meningkat, namun di satu sisi tidak bisa dipungkiri bahwa tidak
sedikit orang beranggapan bahwa lembaga keuangan syariah tidaklah berbeda
dengan lembaga keuangan konvensional. Hal tersebut menjadi tantangan bagi BMT
untuk mempertahankan nasabah melalui usaha-usaha yang dilakukan sebagai upaya
untuk menciptakan rasa kepuasan nasabah atas jasa-jasa yang diberikan.
Penelitian ini memperoleh kesimpulan bahwa karakteristik syariah
marketing sudah diimplementasikan secara keseluruhan pada BMT UGT Nusantara
Capem Wirolegi, Sumbersari Jember. Sementara prinsip-prinsip syariah marketing
sudah hampir sama dengan aspek lain dalam implementasinya
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 14 ECONOMICS > 1402 Applied Economics > 140204 Economics of Education 16 STUDIES IN HUMAN SOCIETY > 1602 Criminology > 160204 Criminological Theories |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syari'ah |
Depositing User: | Siti Ro Diah |
Date Deposited: | 05 Jan 2024 03:21 |
Last Modified: | 05 Jan 2024 03:21 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/31529 |
Actions (login required)
View Item |