Pembelajaran Baca Tulis Al-Qur'an Pada Siswa Tunanetra di Sekolah Luar Biasa Negeri Branjangan Jember

Rohmah, Faizah Nurur (2023) Pembelajaran Baca Tulis Al-Qur'an Pada Siswa Tunanetra di Sekolah Luar Biasa Negeri Branjangan Jember. Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
SKRIPSI FAIZAH NURUR ROHMAH T20191267 FINAL.pdf

Download (2MB)

Abstract

Faizah Nurur Rohmah, 2023. Pembelajaran Baca Tulis Al-Qur’an Pada Siswa Tunanetra di Sekolah Luar Biasa Negeri Branjangan Jember
Kata kunci : Pembelajaran Baca Tulis Al-Qur’an, Siswa Tunanetra
Setiap anak memiliki hak yang sama dalam memperoleh pendidikan. Begitupula pada siswa berkebutuhan khusus. Salah satu layanan pendidikan yang dapat diberikan kepada siswa berkebutuhan khusus yaitu diadakannya pembelajaran baca tulis Al-Qur’an. Pembelajaran baca tulis Al-Qur’an pada siswa tunanetra di SLB Negeri Branjangan Jember merupakan salah satu upaya pembelajaran dasar membaca dan menulis Al-Qur’an. Sehingga dengan keterbatasan fisik, semangat dan kemampuan mereka dalam belajar membaca dan menulis Al-Qur’an inilah yang menjadi salah satu alasan peneliti memilih judul penelitian ini.
Fokus penelitian dalam penelitian ini adalah: 1) Bagaimana pelaksanaan pembelajaran baca tulis Al-Qur’an pada siswa tunanetra di SLB Negeri Branjangan Jember. 2) Bagaimana evaluasi pembelajaran baca tulis Al-Qur’an pada siswa tunanetra di SLB Negeri Branjangan Jember.
Sedangkan tujuan dari penelitian ini ialah: 1) Untuk mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran baca tulis Al-Qur’an pada siswa tunanetra di SLB Negeri Branjangan Jember. 2) Untuk mendeskripsikan evaluasi pembelajaran baca tulis Al-Qur’an pada siswa tunanetra di SLB Negeri Branjangan Jember.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Teknik pengumpulan data menggunakan tiga teknik yaitu wawancara semi tersruktur, observasi partisipatif pasif, dan dokumentasi. Untuk analisis data menggunakan analisis data model Miles, Huberman, dan Saldana yang terdiri dari kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Dan untuk pengujian keabsahan data, peneliti menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik.
Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwasannya: (1) Pelaksanaan pembelajaran baca tulis Al-Qur’an pada siswa tunanetra di SLB Negeri Branjangan Jember dalam pelaksanaannya terdapat beberapa tahap yang mana dalam pelaksanaannya guru mendayagunakan media pembelajaran serta metode pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik siswa tunanetra. Metode yang digunakan guru ialah metode ceramah, tanya jawab, dan demonstrasi. Sedangkan media yang dgunakan ialah Iqra’ braille, Al-Qur’an braille serta Riglet dan stylus (2) Evaluasi pembelajaran baca tulis Al-Qur’an pada siswa tunanetra di SLB Negeri Branjangan Jember menggunakan dua evaluasi yaitu evaluasi formatif dilaksankan di akhir pembelajaran dengan bentuk tes lisan. Yang kedua evaluasi sumatif, dilaksankan secara individual bagi siswa yang sudah tuntas dan layak naik ke kategori yang lebih tinggi dengan bentuk tes lisan dan praktik. Dua evaluasi diatas tentunya disesuaikan dengan kemampuan masing-masing siswa tunanetra.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Faizah Nurur Rohmah
Date Deposited: 04 Jan 2024 01:53
Last Modified: 04 Jan 2024 01:53
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/31538

Actions (login required)

View Item View Item