stategi pengelolaan zakat produktif dalam meningkatkan kesejahteraan mustahik pada lembaga amil zakat infaq dan shadaqah muhammadiyah (LAZISMU)jember

karimah, ida adha (2023) stategi pengelolaan zakat produktif dalam meningkatkan kesejahteraan mustahik pada lembaga amil zakat infaq dan shadaqah muhammadiyah (LAZISMU)jember. Undergraduate thesis, UIN KH. Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
IDA ADHA KARIMAH _D20174029.pdf

Download (3MB)

Abstract

Ida Adha Karimah, 2023: Strategi Pengelolaan Zakat Produktif Dalam Meningkatkan Kesejahteraan Mustahik Pada Lembaga Amil Zakat Infaq dan Sadaqah Muhammadiyyah (LAZISMU) Jember.

Kata Kunci: Strategi, Zakat, Lazismu Jember
Secara demografis dan kultural, Umat Islam Indonesia memiliki potensi strategis untuk mengembangkan alat pemerataan pendapatan, yaitu sistem zakat, infak, dan sadaqah (ZIS). Dalam hal ini, zakat produktif akan dikelola dan bagaimana dana tersebut akan didistribusikan ke UKM (Usaha Kecil Masyarakat) di sekitar kota Jember. tentunya melalui program LAZISMU Jember untuk mengurangi angka pengangguran di Kota Jember dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat Jember.
Fokus kajian yang diteliti dalam skripsi ini adalah: (1) Bagaimana strategi pengelolaan zakat produktif dalam meningkatkan kesejahteraan mustahik pada Lembaga Amil Zakat Infak dan Sadaqah Muhammadiyyah (LAZISMU) Jember? (2) Apa model atau bentuk pengelolaan zakat produktif dalam meningkatkan kesejahteraan mustahik pada Lembaga Amil Zakat Infak dan Sadaqah Muhammadiyyah (LAZISMU) Jember (3) Bagaimana implikasi strategi pengelolaan zakat produktif dalam meningkatkan kesejahteraan mustahik pada Lembaga Amil Zakat Infak dan Sadaqah Muhammadiyyah (LAZISMU) Jember?
Tujuan penelitian ini adalah: (1) Untuk mengetahui strategi pengelolaan zakat produktif dalam meningkatkan kesejahteraan mustahik pada lembaga Lembaga Amil Zakat Infak dan Sadaqah Muhammadiyyah (LAZISMU) Jember (2) Untuk mengetahui model atau bentuk pengelolaan zakat produktif dalam meningkatkan kesejahteraan mustahik pada Lembaga Amil Zakat Infak dan Sadaqah Muhammadiyyah (LAZISMU) Jember (3) Untuk mengetahui implikasi strategi pengelolaan zakat produktif dalam meningkatkan kesejahteraan mustahik pada lembaga Lembaga Amil Zakat Infak dan Sadaqah Muhammadiyyah (LAZISMU) Jember.
Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan (Field Research) dapat juga disebut sebagai metode untuk mengumpulkan data kualitatif. Adapun teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi pengelolaan zakat produktif yang dilakukan di LAZISMU Jember adalah menggunakan manajemen distribusi diantaranya, 1) perencanaan 2) pengorganisasian 3) pengarahan 4) pengawasan. Adapun bentuk dan model zakat yang digunakan yaitu ada dua: Sedangkan, implikasi dari strategi pengelolaan zakat produktif pada LAZISMU Jember dalam meningkatkan kesejahteraan mustahik antara lain: 1) Meningkatnya penghimpunan dana zakat yang diperoleh, di dalam dana zakat produktif perlu waktu untuk mencapai sebuah target yang telah ditetapkan 2) Meningkatnya pendapatan mustahik, peningkatan tersebut menjadi penghasilan tambahan bagi mustahik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 16 STUDIES IN HUMAN SOCIETY > 1607 Social Work > 160703 Social Program Evaluation
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220405 Religion and Society
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Manajemen Dakwah
Depositing User: miss ida adha karimah
Date Deposited: 04 Jan 2024 04:21
Last Modified: 04 Jan 2024 04:21
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/31540

Actions (login required)

View Item View Item