Analisis Semiotika Roland Barthes pada Nilai-nilai Islam dalam Drama Korea Hospital Playlist Season 2

Mahardhika, Alif Winas (2023) Analisis Semiotika Roland Barthes pada Nilai-nilai Islam dalam Drama Korea Hospital Playlist Season 2. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Alif Winas Mahardhika_D20181109.pdf

Download (2MB)

Abstract

Globalisasi telah mengubah lanskap interaksi di era modern diberbagai sektor seperti politik, sosial, ekonomi, perdagangan, budaya, dan telekomunikasi. Budaya Korea, khususnya melalui drama Korea, telah mencapai pengaruh yang mencolok di Indonesia, terutama dalam dekade terakhir. Drama Korea bukan hanya hiburan populer, namun juga medium penyampaian pesan moral, seperti yang terlihat dalam serial “Hospital Playlist season 2,” yang mengangkat nilai-nilai kehidupan dan profesionalisme medis. Meskipun memberikan potensi positif, ada problematika yang perlu diperhatikan, terutama karena generasi muda cenderung menonton drama Korea hanya untuk hiburan tanpa memahami nilai moral di dalamnya. Keterbatasan dalam memilah fiksi dan realitas dapat mengakibatkan interpretasi yang salah. Oleh karena itu, sementara drama Korea dapat memberikan hiburan, penting bagi penonton untuk secara bijak memahami dan mengambil nilai-nilai positifnya dengan cerdas, menghindari harapan yang tidak realistis. Dalam konteks nilai-nilai Islam, drama Korea seperti “Hospital Playlist season 2” dapat menyampaikan pesan moral yang sejalan dengan ajaran agama.
Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah: 1)Apa makna denotasi dan konotasi pada Drama Korea Hospital Playlist season 2 dalam analisis semiotika Roland Barthes? 2) Apa saja nilai-nilai Islam yang terkandung dalam Drama Korea Hospital Playlist season 2?
Tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui makna denotasi dan konotasi pada Drama Korea Hospital Playlist Season 2 dalam analisis semiotika Roland Barthes. 2) Untuk mengetahui nilai-nilai Islam dalam Drama Korea Hospital Playlist season 2 menggunakan analisis semiotika Roland Barthes.
Penelitian ini menggunakan metode kualitatif-deskriptif dengan kerangka semiotika Roland Barthes sebagai landasan analisis. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi dan dokumentasi. Analisis data dengan menggunakan pendekatan analisis semiotika Roland Barthes yang berfokus pada kajian denotasi dan konotasi. Data yang terhimpun lalu dianalisis melalui tahap penyajian data, analisis dan penyimpulan.
Simpulan penelitian ini yaitu: 1) Dalam analisis semiotika Roland Barthes pada Drama Korea Hospital Playlist season 2, makna denotasi mengacu pada level literal atau deskriptif pada elemen-elemen dalam cerita, terutama dialog antar karakter. Makna konotasi menyoroti interpretasi simbolis melalui adegan, interaksi karakter, dan situasi cerita; 2) Diidentifikasi sejumlah nilai-nilai Islam dalam Hospital Playlist season 2 diantaranya aspek akidah, seperti penerimaan takdir. Aspek syariat seperti mabuk-mabukan dan makan terburu-buru. Aspek akhlak, seperti tolong-menolong, kesabaran, saling memaafkan, saling menghargai, berbaik sangka (husnudzon), berburuk sangka (su’udzon), kerja sama tim dan hormat terhadap orang tua (birrul walidain).

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE > 2001 Communication and Media Studies > 200101 Communication Studies
20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE > 2001 Communication and Media Studies > 200104 Media Studies
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Alif Winas Mahardhika
Date Deposited: 08 Jan 2024 06:53
Last Modified: 08 Jan 2024 06:53
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/31541

Actions (login required)

View Item View Item