Teknik Reframing dalam mediasi Perkara Perceraian di Pengadilan Agama Pasuruan Ditinjau dari Perma Nomor 1 Tahun 2016 tentang Prosedur Mediasi

Aslamia, Shuwaibatul (2023) Teknik Reframing dalam mediasi Perkara Perceraian di Pengadilan Agama Pasuruan Ditinjau dari Perma Nomor 1 Tahun 2016 tentang Prosedur Mediasi. Undergraduate thesis, UIN KIAI HAJI ACHMAD SIDDIQ JEMBER.

[img] Text
Shuwaibatul Aslamia_S20191040.pdf

Download (10MB)

Abstract

ABSTAK

Shuwaibatul Aslamia, 2023: Teknik Reframing dalam Mediasi Perkara Perceraian di Pengadilan Agama Pasuruan Ditinjau dari Perma Nomor 1 Tahun 2016 tentang Prosedur Mediasi.

Kata Kunci: Mediasi, Perceraian, Teknik Reframing,

Pengadilan Agama Pasuruan dalam menjalankan tugas dan fungsinya untuk menyelesaikan perkara perdata agama yang berada dibawa naungan Mahkamah Agung (MA). Dilansir dari tiga tahun terakhir Pengadilan Agama Pasuruan untuk perkara perceraian bahwa setiap tahun mediasi di Pengadilan Agama Pasuruan terus mengalami kenaikan. Hal tersebut tidak luput dari kerja keras mediator di dalam mendamaikan para pihak yang sedang beperkara dengan menggunakan beberapa teknik yang mereka ketahui yang salah satunya ialah Teknik reframing. Teknik reframing sendiri merupakan salah satu teknik yang dilakukan oleh psikologi dalam kegiatan konseling. Menariknya teknik tersebut juga diterapkan oleh mediator dalam mediasi di Pengadilan Agama Pasuruan.
Fokus penelitian ini mencakup dua hal ialah: 1) Bagaimana teknik reframing dalam mediasi perkara perceraian di Pengadilan Agama Pasuruan ?, 2) Bagaimana teknik reframing dalam mediasi perkara perceraian di Pengadilan Agama Pasuruan ditinjau dari Perma Nomor 1 Tahun 2016 tentang Prosedur Mediasi?.
Tujuan penelitian skripsi ini ialah: 1) Untuk mengetahui dan memahami terkait teknik reframing yang digunakan mediator dalam menangani sebuah perkara perceraian di Pengadilan Agama Pasuruan, 2) Untuk mengetahui teknik reframing dalam mediasi perkara perceraian di Pengadilan Agama Pasuruan jika ditinjau dari Perma Nomor 1 Tahun 2016 tentang Prosedur Mediasi.
Metode yang digunakan pada skripsi ini menggunakan metode penelitian hukum yuridis empiris dengan menggunakan pendekatan sosiologi hukum dan perundang-undangan. Teknik pengumpulan data diperoleh dari observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang diterapkan meliputi reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan atau verifikasi. Adapun untuk keabsahan data penulis menggunakan triangulasi sumber dan teknik.
Hasil dari penelitian dapat diketahui sebagai berikut: 1) Teknik reframing dalam mediasi perkara perceraian di Pengadilan Agama Pasuruan menggunakan metode teknik meaning reframing dan teknik context reframing. Tujuan dari teknik reframing sendiri ialah untuk memperhalus kata-kata, dan untuk membantu kedua belah pihak untuk melihat situasi yang berbeda membuat untuk berpikir positif, 2) Teknik reframing dalam mediasi perkara perceraian di Pengadilan Agama Pasuruan ditinjau dari Perma Nomor 1 Tahun 2016 tentang Prosedur Mediasi itu terletak pada tahap proses mediasi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180113 Family Law
18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180128 Islamic Family Law > 18012801 Pernikahan (Secara Umum)
18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180128 Islamic Family Law > 18012807 Talaq & Khulu' (Divorce)
Divisions: Fakultas Syariah > Ahwal As-Syakhsyiyyah
Depositing User: Ms Shuwaibatul Aslamia
Date Deposited: 04 Jan 2024 07:46
Last Modified: 04 Jan 2024 07:46
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/31543

Actions (login required)

View Item View Item