Pemberdayaan Masyarakat Melalui Program Zakat Jember Makmur di Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Kabupaten Jember

Wakhidah, Fiki (2024) Pemberdayaan Masyarakat Melalui Program Zakat Jember Makmur di Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Kabupaten Jember. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Fiki Nurul Wakhidah_D20182042.pdf

Download (2MB)

Abstract

Program Zakat Jember Makmur dalam pemberdayaan adalah suatu proses yang lebih menitik beratkan pada pengembangan potensi masyarakat, sehingga pada gilirannya akan tercapai tujuan dari pengelolaan tersendiri. Namun, dalam pendidikan memiliki jangka panjangnya untuk kedepannya dan sangat-sangat berpengaruh baik untuk diri sendiri maupun keluarga,lingkungan, dll. Dengan pendidikan yang lebih baik dapat memudahkan mendapatkan pekerjaan dan penghasilan yang di dapatkan pun bisa sesuai dan dapat membantu memperbaiki taraf hidup yang lebih baik. Fokus penelitian yang diteliti adalah: 1) Bagaimana Proses Pemberdayaan Masyarakat Melalui Program Zakat Makmur Jember di BAZNAS Kabupaten Jember?. 2) Bagaimana hasil yang dirasakan Masyarakat dalam Memberdayakan Melalui Program Zakat Makmur Jember di BAZNAS Kabupaten Jember?. Tujuan dari penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui dan Mendeskripsikan Proses Melalui Program Zakat Makmur Jember di BAZNAS Kabupaten Jember. 2) Untuk mengetahui dan mendeskripsikan hasil yang dirasakan Masyarakat dalam Memberdayakan Melalui Program Zakat Makmur Jember di BAZNAS Kabupaten Jember.
Pengidentifikasian permasalahan tersebut, peneliti menggunakan metode penelitian kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Subyek penelitian ditentukan dengan menggunakan Teknik purposive. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan model Miles dan Humberman dengan Langkah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data menggunakan triangulasi teknik dan triangulasi sumber. Berdasarkan hasil penelitian yang penulis dapatkan bahwa pemberdayaan Masyarakat melalui program Zakat Makmur Jember merupakan 1) suatu proses yang terdiri dari tahapan perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi yang dilakukan untuk menentukan serta mencapai sasaran yang ditentukan melalui penyaluran zakat. Pendayagunaan zakat sebagai pemberdayaan masyarakat di Kabupaten Jember. Penyaluran zakat yang dilakukan Baznas merupakan rencana kerja. Dalam hal ini pendayagunaan zakat oleh Baznas Kabupaten Jember telah berjalan.
2) Hasil yang dirasakan oleh Masyarakat sangat potensi dalam hal memberantas kemiskinan dan meningkatkan kesejahteraan perekonomian mustahik.
Kata Kunci: Pemberdayaan Masyarakat, Jember Makmur, BAZNAS

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 16 STUDIES IN HUMAN SOCIETY > 1607 Social Work > 160702 Counselling, Welfare and Community Services
16 STUDIES IN HUMAN SOCIETY > 1607 Social Work > 160799 Social Work not elsewhere classified
Depositing User: Fiki Wakhidah
Date Deposited: 04 Jan 2024 07:41
Last Modified: 04 Jan 2024 07:41
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/31546

Actions (login required)

View Item View Item