PENERAPAN METODE MIND MAPPING DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI DI KELAS XI SMAN 5 JEMBER

-, SUMARNI (2023) PENERAPAN METODE MIND MAPPING DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI DI KELAS XI SMAN 5 JEMBER. Undergraduate thesis, UIN KIAI HAJI ACHMAD SIDDIQ JEMBER.

[img] Text
SUMARNI T20191273 SKRIPSI WATERMARK.pdf

Download (8MB)

Abstract

Sumarni, 2023. Penerapan Metode Mind mapping dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di Kelas XI SMAN 5 Jember
Kata Kunci: Metode Mind Mapping, Motivasi Belajar, Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti.

Penelitian ini di latar belakangi oleh masih kurangnya pemahamanan peserta didik terhadap materi Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti yang memiliki pembahasan yang cukup banyak dan ada beberapa peserta didik yang kurang termotivasi dalam belajar, sehingga peserta didik kurang aktif, mudah bosan ketika mengikuti pembelajaran dan berdampak pada kurang maksimalnya kegiatan pembelajaran. Metode mind mapping dapat dijadikan solusi dalam mengatasi permasalahan tersebut, seperti diterapkannya metode ini oleh guru Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti kelas XI SMAN 5 Jember.
Fokus dari penelitian ini yaitu: (1) Bagaimana penerapkan metode mind mapping pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di kelas XI SMAN 5 Jember tahun ajaran 2023/2024?, (2) Bagaimana motivasi belajar peserta didik dengan menerapkan metode mind mapping pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di kelas XI SMAN 5 Jember tahun ajaran 2023/2024?, (3) Apa saja faktor pendukung dan faktor penghambat penerapan metode mind mapping pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di kelas XI SMAN 5 Jember tahun Ajaran 2023/2024?
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis studi kasus. Teknik pengumpulan data yang digunakan yakni observasi, wawancara, dan dokumentasi. Kemudian untuk analisis data menggunakan analisis data menurut Milles, Hubberman dan Saldana yang meliputi kondensasi data, penyajian data, penarikan kesimpulan dan verifikasi.Uji keabsahan data pada penelitian ini menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik.
Hasil penelitian: (1) Penerapan metode mind mapping di kelas XI SMAN 5 Jember, diawali tahap persiapan perangkat pembelajaran seperti ATP dan modul ajar, sumber belajar, media pembelajaran, metode pembelajaran, penilaian dan tindak lanjut pembelajaran. Tahap penerapan metode mind mapping dilakukan dengan mengikuti langkah pada metode mind mapping. Tahap penilaian pembelajaran dilakukan dengan menilai ranah sikap, pengetahuan dan keterampilan, (2) Motivasi belajar peserta didik dengan diterapkannya metode mind mapping mengalami peningkatan, dapat dilihat dari pengamatan perubahan motivasi belajar peserta didik yang menunjukkan adanya indikator motivasi belajar yakni hasrat dan keinginan untuk berhasil, dorongan dan kebutuhan dalam belajar, harapan dan cita-cita masa depan, penghargaan dalam belajar, kegiatan belajar yang menarik, dan lingkungan belajar yang kondusif (3) faktor pendukung penerapan metode mind mapping yakni bahan membuat mind mapping, antusias peserta didik, pelatihan dan pembinaan bagi guru. Sedangkan faktor penghambatnya: kurangnya kemampuan menghubungkan konsep, kurangnya literasi peserta didik dan kurangnya kemampuan menentukan inti pembahasan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Depositing User: MIS SUMARNI -
Date Deposited: 05 Jan 2024 02:08
Last Modified: 05 Jan 2024 02:08
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/31547

Actions (login required)

View Item View Item