Revitalisasi Pendidikan Islam Melalui Metode Keteladanan Dalam Memperbaiki Akhlak Siswa MTs Nahdlatul Arifin Ambulu Jember Tahun Pelajaran 2023/2024

Fawaidah, Lia (2023) Revitalisasi Pendidikan Islam Melalui Metode Keteladanan Dalam Memperbaiki Akhlak Siswa MTs Nahdlatul Arifin Ambulu Jember Tahun Pelajaran 2023/2024. Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
LIA FAWAIDAH T20181324.pdf

Download (1MB)

Abstract

Revitalisasi pendidikan Islam merupakan upaya yang harus dilakukan untuk menyiapkan generasi muda Islam yang cemerlang. Bahwa dalam Pendidikan guru menekankan pada kemampuan memahami dan mempertahankan keyakinan atau keimanan yang benar dengan mengamalkan nilai-nilai Asmaul Husna. Menciptakan suasana keteladanan dan pembiasaan dengan mengamalkan akhlak terpuji dan adab islam melalui pembiasaan contoh sehari-hari. MTs Nahdlatul Arifin merupakan sekolah yang berada di Desa Sumberejo, Kecamatan Ambulu, Kabupaten Jember.
Fokus penelitian yang dilakukan peneliti dalam skripsi ini adalah: 1)Bagaimana penerapan metode keteladanan dalam rangka memperbaiki akhlak siswa MTs Nahdlatul Arifin Ambulu tahun Pelajaran 2023/2024? 2) Bagaimana upaya memberbaiki pergaulan siswa MTs Nahdhatul Arifin Ambulu tahun Pelajaran 2023/2024?
Tujuan dalam penelitian ini adalah: 1) Untuk mendiskripsikan penerapan metode keteladanan dalam rangka memperbaiki akhlak siswa MTs Nahdlatul Arifin Ambulu tahun Pelajaran 2023/2024. 2) Untuk mendiskripsikan upaya dalam memberbaiki pergaulan siswa MTs Nahdhatul Arifin Ambulu tahun Pelajaran 2023/2024.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif deskriptif dengan menggunakan teknik pengumpulan data: 1) Observasi, 2) Wawancara dan 3) Dokumentasi. Analisis data yang digunakan dalam penelitian menurut Miles dan Huberman yaitu: 1) Reduksi data, 2) Penyajian data dan 3) Penarikan kesimpulan. Sedangkan pengujian keabsahan data dalam penelitian menggunakan dua jenis triangulasi, yaitu: 1) Triangulasi sumber dan 2) Triangulasi teknik.
Penelitian ini memperoleh hasil bahwa: 1) Penerapan metode keteladanan yaitu suatu cara yang dilakukan guru agama islam dengan memberi tauladan kepada peserta didik yang dapat ditiru atau dijadikan contoh oleh orang lain. Dalam hal ini guru mempunyai pribadi yang baik, dapat menjadikan tauladan bagi peserta didik dengan menerapkan keteladanan religius kedisiplinan, jujur dan sopan santun. 2) Dalam mengupayakan memperbaiki akhlak pergaulan peserta didik yaitu dengan menanamkan aqidah dan mengembangkan akhlak yang dapat memberikan perubahan terhadap peserta didik dalam menjalankan segala aturan yang ada di madrasah.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130101 Continuing and Community Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Lia Fawaidah
Date Deposited: 04 Jan 2024 03:41
Last Modified: 04 Jan 2024 03:41
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/31550

Actions (login required)

View Item View Item