Penerapan Metode Ummi pada Pembelajaran Turjuman Al-Qur'an Siswa kelas VII di Sekolah Menengah Pertama Al-Furqan Jember Tahun Pelajaran 2023/2024

Novananda, Fajri Ali Syahbana (2023) Penerapan Metode Ummi pada Pembelajaran Turjuman Al-Qur'an Siswa kelas VII di Sekolah Menengah Pertama Al-Furqan Jember Tahun Pelajaran 2023/2024. Undergraduate thesis, UIN Kiai Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
SKRIPSI NOVAN.pdf

Download (5MB)

Abstract

Kata Kunci: Penerapan Metode Ummi, Pembelajaran Turjuman, Sekolah
Menengah Pertama Al-Furqan Jember.
Penelitian ini dilaksanakan berdasarkan ketertarikan penulis akan penerapan
metode Ummi pada pembelajaran turjuman Al-Qur’an siswa kelas VII di Sekolah
Menengah Pertama Al-Furqan Jember, yang mana untuk di kabupaten Jember
sendiri baru Al-Furqan sebagai lembaga pendidikan formal yang menerapkan
pembelajaran Turjuman sebagai salah satu mata pelajaran wajibnya.
Fokus penelitian yang diteliti yaitu: (1) Bagaimana penerapan metode
Ummi pada pembelajaran turjuman Al-Qur’an siswa kelas VII di SMP Al-Furqan
Jember Tahun Pelajaran 2023/2024 ?, (2) Apa saja faktor pendukung dan
penghambat penerapan metode Ummi pada pembelajaran turjuman Al-Qur’an
siswa kelas VII di SMP Al-Furqan Jember tahun pelajaran 2023/2024?
Tujuan penelitian ini adalah: (1) Mendeskripsikan penerapan metode Ummi
pada pembelajaran turjuman Al-Qur’an siswa kelas VII di SMP Al-Furqan Jember
Tahun Pelajaran 2023/2024, (2) Mendeskripsikan faktor pendukung dan
penghambat penerapan metode Ummi pada pembelajaran Turjuman Al-Qur’an
siswa kelas VII di SMP Al-Furqan Jember Tahun pelajaran 2023/2024.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian
etnografi. Penetapan subjek dilakukan secara Purposive Sampling. Teknik
pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Serta
analisis data dilakukan secara interaktif yakni pengumpulan data, kondensasi data,
penyajian data, serta penarikan kesimpulan. Keabsahan data menggunakan
trianggulasi sumber dan teknik.
Hasil penelitian ini menyatakan bahwa (1) Penerapan metode Ummi pada
pembelajaran turjuman Al-Qur’an siswa kelas 7 SMP Al-Furqan Jember tahun
pelajaran 2023/2024, yaitu guru menerapkan tujuh tahapan pembelajaran turjuman
yang mana hal ini meliputi : Pembukaan, Apersepsi, Penanaman Konsep,
Pemahaman Konsep, Latihan Keterampilan, Evaluasi, dan Penutup. (2) Faktor
pendukung adalah kompetensi guru yang mumpuni, adanya buku ajar, dan
lingkungan belajar yang nyaman. Faktor penghambat adalah, waktu yang kurang
memadai, kelompok yang tidak ideal, jarangnya pelatihan guru turjuman, dan
kurang komitmennya guru turjuman.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130101 Continuing and Community Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Novananda Fajri Ali Syahbana
Date Deposited: 04 Jan 2024 03:05
Last Modified: 04 Jan 2024 03:05
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/31558

Actions (login required)

View Item View Item