Pola asuh orang tua dalam mengontrol penggunaan gadget pada anak usia dini di desa Tegalmojo kecamatan Tegalsiwalan kabupaten Probolinggo

Novita Sari, Windy Aulia (2024) Pola asuh orang tua dalam mengontrol penggunaan gadget pada anak usia dini di desa Tegalmojo kecamatan Tegalsiwalan kabupaten Probolinggo. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text (Pola Asuh Orang Tua Dalam Mengontrol Penggunaan Gadget Pada Anak Usia Di Desa Tegalmojo Kecamatan Tegalsiwalan Kabupaten Probolinggo)
WINDY AULIA NOVITA SARI_D20185056.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Pada zaman sekarang ini, banyak anak usia dini yang sudah belajar menggunakan gadget, yang mana hal tersebut dapat mengganggu aktivitas lain pada anak dan khususnya akan berdampak terhadap interaksi sosial anak , bahkan anak bisa candu dengan gadget jika tidak ada kontrol dari orang tuanya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pola asuh dan proses orang tua dalam mengontrol penggunaan gadget pada anak usia dini di desa Tegalmojo kecamatan Tegalsiwalan kabupaten Probolinggo. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif, dengan mengambil subjek orang tua yang dipilih menggunakan metode purposive sumpling. Teknik pengambilan data yang digunakan meliputi tahap observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan sesuai dengan teori Miles dan Huberman yakni reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa orang tua di desa Tegalmojo yang mengontrol penggunaan gadget pada anak menggunakan pola asuh demokratis, yang mana orang tua selalu mengkonfirmasi atau mendiskusikan segala apa yang menjadi hal-hal terbaik untuk anak agar anak tidak merasa tertekan dengan apa yang sudah ditetapkan oleh kedua pihak dan saling memahami perasaan keduanya.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES > 1701 Psychology > 170106 Health, Clinical and Counselling Psychology
Depositing User: VITA WINDY AULIA NOVITA SARI BABUN NINGSIH
Date Deposited: 04 Jan 2024 03:28
Last Modified: 04 Jan 2024 03:28
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/31559

Actions (login required)

View Item View Item