Mahmudah, Qori (2024) Implementasi Pendekatan Pembelajaran Berbasis Behavioristik Program Unggulan Sekolah Tahfidz Al-Qur'an Tahun Pelajaran 2023/2024. Undergraduate thesis, UIN KIAI HAJI ACHMAD SIDDIQ JEMBER.
Text
Qori Mahmudah _T20191495-1.pdf Download (4MB) |
Abstract
Pendekatan pembelajaran merupakan suatu pandangan dalam
mengupayakan siswa berinteraksi dengan lingkungannya. Sedangkan behavioristik
adalah perubahan perilaku dengan adanya stimulus dan respon. Hal ini
berpengaruh terhadap pembelajaran tahfidz Al-Qur‟an karena sebagai latihan-
latihan untuk pembentukan hubungan antara stimulus dan respon. hubungan
stimulus dan respon menimbulkan kebiasaan-kebiasaan otomatis dalam menghafal
Al-Qur‟an.
Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah: 1) Bagaimana implementasi
pendekatan pembelajaran behavioristik program unggulan sekolah tahfidz Al-
Qur‟an SMP Plus Darus Sholah Tegal Besar Jember tahun pelajaran 2023-2024?
2) Bagaimana metode dan tekhnis program unggulan sekolah tahfidz Al-Qur‟an
SMP Plus Darus Sholah Tegal Besar Jember tahun pelajaran 2023/2024? 3) Apa
saja faktor pendukung dan penghambat pendekatan pembelajaran behavioristik
program unggulan tahfidz Al-Qur‟an SMP Plus Darus Sholah Tegal Besar
Jember?
Tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui bagaimana
implementasi pendekatan pembelajaran behavioristik program unggulan sekolah
tahfidz Al-Qur‟an SMP Plus Darus Sholah Tegal Besar Jember. 2) Untuk
mengetahui bagaimana metode dan tekhnis program unggulan sekolah tahfidz Al-
Qur‟an SMP Plus Darus Sholah Tegal Besar Jember. 3) Untuk mengetahui apa
saja faktor pendukung dan penghambat pendekatan pembelajaran behavioristik
program unggulan sekolah tahfidz SMP Plus Darus Sholah Tegal Besar Jember.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan jenis penelitian
deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi pastisipasi pasif,
wawancara semi struktur, dan dokumentasi. Kemudian teknis analisis
datapenelitian ini menggunakan analisis data Deskriptif Kualitatif dengan model
interaktif Miles Huberman dan Saldana, yaitu dengan melakukan pengumpulan
data, kondensasi data, penyajian data, dan yang terakhir yaitu penarikan
kesimpulan, serta keabsahan data menggunakan Triangulasi Sumber dan
Triangulasi Teknik.
Kesimpulan dalam penelitian ini yaitu: 1) Implementasi pendekatan
pembelajaran berbasis behavioristik dalam program tahfidz mencakup
pengamatan, penguatan dan pengulangan. 2) Metode dan tekhnis yang digunakan
SMP Plus Darus Sholah program unggulan tahfidz adalag metode talaqqi dan
muraja‟ah, data diatas juga menjelaskan bahwasanya kedua metode tersebut
efektif dalam pengajaran tahfidz. 3) Faktor-faktor yang terjadi dalam suatu
pembelajaran tahfidz Al-Qur‟an tidak luput dari faktor pendukung dan
penghambat, diantaranya adalah fasilitas yang memadai, motivasi dan dorongan
dari orang tua atau guru, beberapa faktor lain yang mengganggu maupun
memperlancar hafalan tersebut.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified |
Depositing User: | Ms Qori Mahmudah |
Date Deposited: | 04 Jan 2024 04:06 |
Last Modified: | 04 Jan 2024 04:06 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/31568 |
Actions (login required)
View Item |