Manajemen Remaja Masjid Nurul Ittifaq dalam Melaksanakan Kegiatan Keagamaan di Desa Pontang Kecamatan Ambulu

Fitri, Tia (2024) Manajemen Remaja Masjid Nurul Ittifaq dalam Melaksanakan Kegiatan Keagamaan di Desa Pontang Kecamatan Ambulu. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Tia Amelia Fitri_D20184003.pdf

Download (6MB)

Abstract

Remaja Masjid Nurul Ittifaq Desa Pontang merupakan perkumpulan pemuda yang berhubungan dengan masjid, oleh karena itu perlu diperkenalkan program kerja yang berorientasi pada pembinaan pemuda dan masjid. Progam-progam yang dirancang bertujuan untuk mengatasi permasalahan generasi muda masjid dalam mengembangkan berdakwah, meningkatkan pertumbuhan masjid dan diharapkan mampu membangun keimanan, keilmuan dan keterampilan remaja dalam lingkungan masjid. Metode Penelitian: Penelitian ini menggunakan penelitian Kualitatif dengan memanfaatkan penelitian lapangan. Sementara itu, tekhnik pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi, sedangkan Triangulasi sumber menggunakan triangulasi teknik dan triangulasi waktu. Analisis data menggunakan model Miles, Huberman dan Saldana. Fokus Penelitian: 1. Bagaimana Manajemen Remaja Masjid Nurul Ittifaq dalam Kegiatan Keagamaan di Desa Pontang Kecamatan Ambulu? 2. Apa faktor pendukung dan penghambat yang dihadapi Remaja Masjid Nurul Ittifaq dalam Kegiatan Keagamaan di Desa Pontang Kecamatan Ambulu?. Tujuan penelitian: Untuk mengetahui Manajemen Remaja Masjid Nurul Ittifaq dalam Melaksanakan Kegiatan Keagamaan di Desa Pontang Kecamatan Ambulu, faktor pendukung dan penghambat yang dihadapi Remaja Masjid Nurul Ittifaq dalam Melaksanakan Kegiatan Keagamaan di Desa Pontang Kecamatan Ambulu.
Hasil Penelitian: Bentuk Manajemen kegiatan keagamaan yang dilakukan yaitu : Pertama, Perencanaan bagi Remas Nurul ittifaq yaitu supaya kegiatan yang akan dijalankan dapat berjalan sesuai rencana. Kedua, Pengorganisasian penting dilakukan karena untuk memudahkan dalam menjalin komunikasi antar anggota, panitia, serta pengurus. Ketiga, Remaja Masjid Nurul Ittifaq dalam menggerakkan setiap koordinator dibawahnya melalui koordinasi dengan anggota. Keempat, arti penting pengawasan kegiatan Remas Nurul Ittifaq adalah supaya berjalan sesuai visi, misi dan tujuan. Faktor pendukung yang didapatkan adalah dalam melaksanakan kegiatan keagamaan yaitu mendapat dukungan penuh dari pengurus masjid serta memiliki sumber dana yang mencukupi untuk melakukan kegiatan yang bersumber dari para donatur,semangat para anggota.. Adapun faktor hambatan yang terjadi yaitu kurangnya kesadaran diri dari setiap pengurus dan anggota remaja masjid dalam melaksanakan kegiatan keagamaan yang sudah terprogramkan serta faktor ekonomi dari masing-masing individu yang menjadikan remaja masjid setiap tahunnya selalu kehilangan anggota akibat individu tersebut banyak yang bekerja diluar kota,dan semangat yang menurun.
Kata Kunci: Manajemen, Remaja Masjid Nurul Ittifaq, Kegiatan Keagamaan

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 16 STUDIES IN HUMAN SOCIETY > 1607 Social Work > 160702 Counselling, Welfare and Community Services
16 STUDIES IN HUMAN SOCIETY > 1607 Social Work > 160703 Social Program Evaluation
16 STUDIES IN HUMAN SOCIETY > 1607 Social Work > 160799 Social Work not elsewhere classified
Depositing User: Tia Fitri
Date Deposited: 04 Jan 2024 07:39
Last Modified: 04 Jan 2024 07:39
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/31573

Actions (login required)

View Item View Item