Implementasi Nilai At-tawasuth Dalam Membangun Pendidikan Karakter Siswa Kelas X Di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 4 Banyuwangi Tahun Pelajaran 2022/2023

Darmawan, Mohamad Dana (2023) Implementasi Nilai At-tawasuth Dalam Membangun Pendidikan Karakter Siswa Kelas X Di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 4 Banyuwangi Tahun Pelajaran 2022/2023. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
SKRIPSI M. DANA DARMAWAN.pdf

Download (4MB)

Abstract

Kata Kunci: Implementasi, Nilai At-tawasuth, Pendidikan Karakter

Nilai at- tawasuth merupakan suatu sikap yang mengedepankan nilai moderasi yaitu selalu adil dan tegak lurus dalam mengambil sebuah kebijakan dengan toleransi tinggi di tengah-tengah keberagaman masyarakat Indonesia. Melihat kenyataan bahwa pada era sekarang ini banyak sekali konflik-konflik yang terjadi, baik itu konflik sesama agama, antar suku dan ras, bahkan antar etnis dan budaya. Belum lagi adanya krisis moral dan pergeseran nila-nilai dimana pembangunan karakter sangat memprihatinkan utamanya pada generasi muda Indonesia yang sangat mudah terpengaruh serta terbawa arus perkembangan zaman. Oleh karna itu perlunya membangun pendidikan karakter agar generasi anak bangsa lebih bijaksana dalam menghadapi problematika di masyarakat. Sehingga tercipta suasana yang damai, aman, nyaman, dan sejahtera.
Fokus penelitian dalam penelitian ini meliputi: 1) Implementasi nilai At-Tawasuth Aqidah dalam membangun pendidikan karakter siswa kelas x di MAN 4 Banyuwangi. 2) Implementasi nilai At-Tawasuth Ibadah dalam membangun pendidikan karakter siswa kelas x di MAN 4 Banyuwangi. 3) Implementasi nilai At-Tawasuth Akhlak dalam membangun pendidikan karakter siswa kelas x di MAN 4 Banyuwangi
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif, dengan jenis penelitian field research. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yakni observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan model Miles, Huberman dan Saldana yang terdiri dari Data collection, kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data pada penelitian ini menggunakan dua macam teknik yakni: 1) Triangulasi Teknik, dan 2) Triangulasi Sumber
Hasil penelitian ini adalah 1) menunjukkan bahwasanya dalam membangun pendidikan karakter siswa dilakukan dalam bentuk kegiatan formal dan informal di bidang aqidah agar tidak mudah terpengaruh fikiran-fikiran yang menyimpang dari agama islam serta dapat memposisikan diri dalam kehidupan bermasyarakat dengan senantiasa berpanduan hukum. 2) Di bidang ibadah di terapkan dalam kegiatan pembiasaan amaliyah kepada peserta didik agar siswa dapat Menerima dan mengembangkan segala bentuk kebudayaan yang baik untuk agama Islam. 3) Di bidang akhlak dikelompokkan ke dalam aspek keteladanan supaya siswa dapat Bergaul baik antar sesama muslim maupun non muslim serta membangun pergaulan antar sesama manusia dengan dasar saling mengerti dan saling menghormati.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mr Mohamad Dana Darmawan
Date Deposited: 04 Jan 2024 07:09
Last Modified: 04 Jan 2024 07:09
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/31577

Actions (login required)

View Item View Item