PENDIDIKAN KARAKTER ANAK DALAM TAFSIR AL-MISHBAH (STUDI TEMATIK AL-QUR’AN)

Hasanah, Ulwiyatul (2023) PENDIDIKAN KARAKTER ANAK DALAM TAFSIR AL-MISHBAH (STUDI TEMATIK AL-QUR’AN). Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Ulwiyatul Hasanah_U20191127.pdf

Download (3MB)

Abstract

Fenomena yang sering dijumpai di era modern saat ini salah satunya ialah seputar permasalahan anak. Banyak terjadinya konflik ataupun pelecehan yang dilakukan oleh anak. Hal itu disebabkan salah satunya karena minimnya ilmu pengetahuan serta kurangnya pantauan dari orang tua ataupun keluarga yang lain. Banyak orang tua yang hanya memberikan harta yang banyak namun lupa akan hakikat tugas lain yang juga tak kalah penting, yakni memberikan pendidikan yang baik serta kasih sayang. Di dalam Al-Qur’an sudah dijelaskan berbagai macam cara-cara ataupun petunjuk dalam mendidik anak agar menjadi manusia yang berakhlak baik.
Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah:1)Bagaimana pola pendidikan karakter anak dalam Perspektif M. Quraish Shihab?.2) Bagaimana relevansi penulisan M. Quraish Shihab tentang pola pendidikan karakter anak dengan problematika dekadensi moral anak?
Penelitian inimerupakan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian pustaka (library research). Teknik pengimpulan data dengan dokumentasi dengan tujuan menghimpun sebanyak-banyaknya referensi yang diperoleh. Kemudian teknik analisis data dengan menggunakan dua cara, yakni: pertama deskripsi, yaitu menguraikan konsep yang akan dikaji dengan metode tematik (maudhu’i) untuk menemukan konsep beserta ayat-ayat yang berkaitan dengan tema ini. Kedua analisis, yaitu untuk menganalisis data yang diperoleh dari metode tematik dengan hasil pemikiran M. Quraish Shihab dalam Tafsir Al-Mishbah.
Penelitian ini sampai pada kesimpulan bahwa:1.)Pola Pendidikan karakter anak dalam Tafsir Al-Mishbah ialah mendoakan anak serta keluarga (QS. Al-Furqon:74), bertekad menjadikan sang buah hati menjadi anak yang saleh (QS. Ali-‘Imron:35,36). Anjuran untuk menyusui anak hingga usia dua tahun (QS. Al-Baqarah:233). Mendidik anak dengan kasih sayang (QS. Luqman:13), mengajarkan tauhid dari kecil QS.Luqman:13), dan Mengajari akhlak mulia (QS. Luqman 14-19 dan Al-Baqarah:83). 2.) Relevansi Penulisan M. Quraish Shihab tentang pola pendidikan karakter anak dengan problematika dekadensi moral anak adalah Proses pembentukan karakter atau kepribadian seseorang saat ini bukanlah sesuatu yang tiba-tiba muncul atau terbentuk begitu saja bagi setiap manusia. Sehingga pendidikan karakter anak disini sangat penting karna berkaitan dengan kehidupan bermasyarakat sang anak dan penentu antara baik buruknya seseorang.
permasalahan anak yang terjadi pada zaman ini, salah satu sebabnya karena kurang ilmu pengetahuan, pendidikan karakter, dan bimbingan dari orang tua atau keluarga. Menurut Thomas Lickona, pendidikan karakter adalah pendidikan budi pekerti yang mana hal ini melibatkan aspek pengetahuan (cognitive), perasaan (feeling), dan tindakan (action). Tanpa adanya tiga aspek ini, maka pendidikan karakter tidak akan efektif. Dengan ini anak bisa mendapatkan didikan yang baik dari keluarga. Sehingga dapat terciptanya akhlak mulia.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Ushuluddin, Adab dan Humaniora > Ilmu Al-Qur'an dan Tafsir
Depositing User: Ulwiyatul Hasanah
Date Deposited: 04 Jan 2024 06:58
Last Modified: 04 Jan 2024 06:58
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/31580

Actions (login required)

View Item View Item