Analisis Akuntabilitas Dan Transparasi Dalam Laporan Keuangan Pada Kantor Desa Pegalangan Kidul Kecamatan Maron Kabupaten Probolinggo

sofyan, moh (2023) Analisis Akuntabilitas Dan Transparasi Dalam Laporan Keuangan Pada Kantor Desa Pegalangan Kidul Kecamatan Maron Kabupaten Probolinggo. Undergraduate thesis, UIN KH ACHMAD SIDDIQ JEMBER.

[img] Text
SKRIPSI SOFYAN watermak.pdf

Download (2MB)

Abstract

Abstrak Moh Sofyan, Dr. Nurul Widyawati, I.R., : “Analisis Akuntabilitas Dan Transparasi Dalam Laporan Keuangan Pada Kantor Desa Pegalangan Kidul Kecamatan Maron Kabupaten Probolinggo)”
AkuntabilitasL adalah sebuahL kewajiban untukL memberikan penjelasanL tentang pelaksanaanL tanggung jawab bagiL pihak yangL mempercayakan tanggungL jawab. PembahasanL tentang akuntabilitasL mengarah padaL upaya-upaya pengalianL skema internalL organisasi yangL bersandar padaL aspek profesionalismeL di satuL sisi danL relasi eksternalL yang mengarahL pada pertanggung jawabanL sosial danL politik di sisiL lain.
Laporan keuangan desa merupakan bagian dari laporan kinerja pemerintahan desa selama periode anggaran pemerintahan desa. Laporan tersebut sebagai bentuk pertanggungjawaban pemerintah desa kepada pemerintah dan masyarakat. Dengan tidak adanya transparansi dana dari desa menimbulkan pertanyaan apakah dana yang sudah dialokasikan kepada desa sudah sesuai secara pelaksanaan dan pencatatan laporan keuangannya.
Dalam skripsi ini terdapat tiga fokus penelitian sebagai berikut: 1. Bagaimana akuntabilitas pengelolaan laporan keuangan Desa di Desa Pegalangan Kidul? 2. Mengapa Desa Pegalangan Kidul belum menerapkan transparansi dalam pengelolaan laporan keuangan Desa? 3. Bagaimana Desa Pegalangan Kidul Kecamatan Maron Kabupaten Probolinggo bisa berkembang dengan pengelolaan laporan keuangan yang kurang tranparansi?
Sehingga penelitian ini menggunakan metode penelitian lapangan adalah salah satu proses kegiatan pengungkapan fakta melalui observasi/pengamatan dan wawancara dalam proses memperoleh keterangan atau data dengan cara langsung terjun ke lapangan.
Kesimpulan: 1. Akuntabilitas Desa Pegalangan Kidul sudahL lengkap baikL dilihat dariL segi ringkasanL pendapatan, ringkasanL belanja desaL dan rincianL pembangunan. 2. Transparansi di Desa Pegalangan Kidul belum tersedia. 3. Desa Pegalangan Kidul bisa maju dikarenakan inofasi dari kepala desa dan kekompakan masyarakat Pegalangan Kidul dalam melaksanakan program kerja di Desa Pegalangan.

Kata Kunci : Akuntabilitas dan Transparansi, Laporan Keuangan

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 14 ECONOMICS > 1401 Economic Theory > 140104 Microeconomic Theory
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Akuntansi Syariah
Depositing User: Moh Sofyan
Date Deposited: 04 Jan 2024 07:44
Last Modified: 04 Jan 2024 07:44
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/31586

Actions (login required)

View Item View Item