INTERPRETASI TABARRUJ PADA WANITA ERA TEKNOLOGI 5.0 ANALISIS SURAH AL-AHZAB AYAT 33 (KAJIAN TAFSIR LISAN USTADH ABDUL SOMAD DI YOUTUBE)

Jazilah, Eva (2023) INTERPRETASI TABARRUJ PADA WANITA ERA TEKNOLOGI 5.0 ANALISIS SURAH AL-AHZAB AYAT 33 (KAJIAN TAFSIR LISAN USTADH ABDUL SOMAD DI YOUTUBE). Undergraduate thesis, UIN KHAS Jember.

[img] Text
SKRIPSI Eva Munaifiyyah Jazilah water mark.pdf

Download (972kB)

Abstract

ABSTRAK
Eva Munaifiyyah Jazilah, 2023: Interpretasi Tabarruj Pada Wanita Era Teknologi 5.0 Analisis Surah Al-Ahzab Ayat: 33 (Kajian Tafsir Lisan Ustadh Abdul Somad di Youtube)
Kata Kunci: Tabarruj, bersolek, wanita muslimah era 5.0, tafsir lisan UAS
​Paradigma bermunculan terkait hal-hal yang menyimpang terhadap dampak yang terjadi era teknologi 5.0. Umat manusia mewujudkan loyalitas yang unggul demi meyetarakan potensi masyarakat luar. Dikhawatirkan memunculkan kontradiktif atas garis yang sudah berlaku. Sehingga harus mengacu pada pedoman yang telah ditetapkan dalam al-Qur’an, agar tidak melampui batas dan terjadi sikap tabarruj. Peneliti mengangkat lafal tabarruj pada Surah al-Ahzab ayat 33 disertai dengan perspektif Ustadh Abdul Somad di youtube.
Rumusan Masalah penelitian ini yaitu: 1. Bagaimana tafsir tabarruj pada surah al-Ahzab ayat 33 menurut para mufassir?, 2. Bagaimana interpretasi tabarruj perspektif Ustadh Abdul Somad di aplikasi youtube? Tujuan penelitian ini: 1. Untuk menjelaskan tafsir tabarruj pada surah al-Ahzab ayat 33. 2. Untuk menjelaskan interpretasi tabarruj Ustadh Abdul Somad di aplikasi youtube.
Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan fokus pengamatan yang bersifat empiris di aplikasi youtube, dengan menggunakan dua pendekatan: 1. Etnografi virtual, sebagai pengganti penggalian data informasi wawancara lapangan yang bersumber dari media sosial. 2. Pendekatan fenomenologi yang merupakan pendekatan yang mengacu pada penkoreksian suatu tragedi atau fenomena permasalahan.Teknik penelitian ini menggunakan observasi dan dokumentasi. Pengambilan data secara analisis deskripsi, tematik, interpretasi, dan holistik.
​Lafad tabarruj ini terdapat dua hasil akhir penelitian, diantaranya: 1. Tabarruj merupakan perilaku wanita yang bersolek berlebihan dan sengaja memperlihatkan sisi keindahan tubuh yang diperuntukkan kepada laki-laki selain muhrim. 2. Ustadh Abdul Somad mengkategorikan tiga anggota tubuh yang berpotensi terjadi tabarruj di aplikasi youtube, yaitu anggota kaki, anggota badan, anggota wajah.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Ushuluddin, Adab dan Humaniora > Ilmu Al-Qur'an dan Tafsir
Depositing User: S. Ag. Eva Munaifiyyah Jazilah
Date Deposited: 04 Jan 2024 06:56
Last Modified: 04 Jan 2024 06:56
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/31589

Actions (login required)

View Item View Item