Efektivitas Lembaga Desbumi dalam Melindungi Buruh Migran di Desa Wonoasri Perspektif Peraturan Desa Nomor 4 Tahun 2017 Tentang Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia.

Rochim, Misbachul (2023) Efektivitas Lembaga Desbumi dalam Melindungi Buruh Migran di Desa Wonoasri Perspektif Peraturan Desa Nomor 4 Tahun 2017 Tentang Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia. Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Misbachul Rochim S20193066.pdf

Download (2MB)

Abstract

Kata Kunci: Efektifitas, Desbumi, Buruh Migran, Peraturan Desa Wonoasri

Desa Wonoasri memiliki lembaga desbumi yang bertugas melindungi buruh migran sesuai dengan prespektif pasal 9 Peraturan Desa Wonoasri Nomor 4 Tahun 2017. Beberapa masalah buruh migran di Desa Wonoasri seperti masalah ekonomi buruh migran maupun dalam keluarganya, para buruh migran yang tengah bekerja di luar negeri juga tak luput dari masalah, contohnya masalah kekerasan yang kerap kali menimpa buruh migran. Permasalahan-permasalahan tersebut bisa diselesaiakan dengan syarat buruh migran yang tengah bekerja di luar negeri telah terdata di lembaga Desbumi sehingga Desbumi dapat membantu menyelesaikan masalah yang terjadi pada buruh migran ataupun pada keluarga yang ditinggalkan oleh buruh migran. Akan tetapi nyatanya di Desa Wonoasri masih adanya buruh migran yang ilegal dan beberapa permasalahan tersebut belum sepenuhnya di atasi oleh desbumi.
Fokus Penelitian : 1) Bagaimana efektivitas lembaga Desbumi dalam melindungi buruh migran Perspektif Peraturan Desa Wonoasri Nomor 4 Tahun 2017 tentang perlindungan tenaga kerja Indonesia? 2) Apa saja faktor-faktor penghambat dan solusi lembaga desbumi dalam melindungi buruh migran?
Tujuan Penelitian: 1) Untuk mengetahui dan mengkaji efektivitas lembaga Desbumi dalam melindungi buruh migran Perspektif Peraturan Desa Wonoasri Nomor 4 Tahun 2017 tentang perlindungan tenaga kerja Indonesia. 2)Untuk mengetahui dan mengkaji faktor-faktor penghambat dan solusi lembaga desbumi dalam melindungi buruh migran.
Metode penelitian ini menggunakan jenis penelitian yuridis empiris dengan pendekatan undang-undang dan konseptual. Sumber data menggunakan sumber data primer dan sekunder. Teknik pengumpulan data yakni observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan metode dari Miles dan Haberman yang terdiri dari 3 alur yaitu reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan. Keabsahan data menggunakan teknik triangulasi sumber dan teknik.
Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa: 1) Lembaga desbumi dalam melindungi buruh migran sesuai Peraturan Desa Wonoasri nomor 4 tahun 2017 Desa Wonoasri sudah efektif dalam melindungi buruh migran. Namun, terdapat dua tugas yang kurang maksimal. 2) Faktor penghambat lembaga desbumi dalam melindungi buruh migran yaitu buruh migran tidak tertarik mengikuti sosialisasi pentingnya legalitas dan sosialisasi permasalahan-permasalahan buruh migran hingga pemberdayaan ekonomi yang diadakan desbumi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180103 Administrative Law
18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180114 Human Rights Law
Divisions: Fakultas Syariah > Hukum Tata Negara
Depositing User: Mr Misbachul Rochim
Date Deposited: 04 Jan 2024 07:28
Last Modified: 04 Jan 2024 07:28
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/31593

Actions (login required)

View Item View Item