Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Learning Tipe Jigsaw Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Materi Klasifikasi Materi Dan Perubahannya Pada Siswa Kelas VII MTs Darur Ridlwan Jember 2023

Farid, Ahmad Firdauzi (2023) Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Learning Tipe Jigsaw Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Materi Klasifikasi Materi Dan Perubahannya Pada Siswa Kelas VII MTs Darur Ridlwan Jember 2023. Undergraduate thesis, UINKHAS Jember.

[img] Text
Ahmad Firdauzi Farid_T201910067.pdf

Download (1MB)

Abstract

Ahmad Firdauzi Farid, 2023: PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW TERHADAP KEMAMPUAN BERFIKIR KRITIS SISWA MATERI KLASIFIKASI MATERI DAN PERUBAHANNYA PADA SISWA KELAS VII MTS DARUR RIDLWAN JEMBER 2023. Kata Kunci : Model Pembelajaran, Jigsaw, Kemampuan Berfikir Kritis Siswa. Model Pembelajaran Kooperatif tipe Jigsaw menonjol dengan mendorong kerja sama siswa, meningkatkan pemahaman konsep, dan keterampilan berpikir kritis. Setiap siswa memiliki peran sebagai ahli dalam bagian materi tertentu, memperkuat pemahaman konsep dan mengembangkan keterampilan sosial. Meskipun manfaatnya telah diakui dalam penelitian, diperlukan penelitian lebih lanjut mengenai dampaknya pada kemampuan berpikir kritis siswa, terutama pada topik tertentu. Berpikir kritis, sebagai kemampuan berpikir reflektif, diperlukan dalam membedakan informasi, mengambil keputusan, dan menyelesaikan masalah. Oleh karena itu salah satu cara untuk meningkatkan kemampuan berfikir kritis siswa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw selama proses pembelajaran. Rumusan masalah penelitian ini yaitu; Apakah terdapat pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw terhadap Kemampuan Berfikir Kritis siswa pada materi Klasifikasi Materi dan Perubahannya pada siswa kelas VII MTS Darur Ridlwan?. Tujuan Penelitian dari penelitian ini adalah untuk mengkaji pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw terhadap Kemampuan Berfikir Kritis siswa pada materi Klasifikasi Materi dan Perubahannya pada siswa kelas VII MTs Darur Ridlwan. Jenis penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan metode eksperimen semu desain non equivalen control group design. Populasi yang digunakan yakni siswa kelas VII MTs Darur Ridlwan berjumlah 31 siswa dengan diambilnya sampel jenuh siswa yang terbagi menjadi kelas eksperimen dan kelas kontrol. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Penelitian dilakukan pada 20 November 2023. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes. Analisis data yang digunakan dengan uji non parametrik yaitu uji Mann – whitney. Berdasarkan dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw terhadap Kemampuan Berfikir Kritis siswa pada materi Klasifikasi Materi dan Perubahannya pada siswa kelas VII MTS Darur Ridlwan yaitu dapat dilihat dengan perolehan nilai rata-rata posttest kelas eksperimen 64,29 dan kelas kontrol 49,07. Hal ini juga diperkuat dengan pembuktian uji Man Whitney pada hasil uji posttest yaitu menunjukkan nilai Sig. 0,000 < 0,05 maka H0 ditolak.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 03 CHEMICAL SCIENCES > 0303 Macromolecular and Materials Chemistry > 030301 Chemical Characterisation of Materials
Depositing User: Mr Ahmad Firdauzi Farid
Date Deposited: 15 Jan 2024 04:27
Last Modified: 15 Jan 2024 04:27
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/31596

Actions (login required)

View Item View Item