RUTINITAS MEMBACA AL-QUR’AN DALAM ACARA MAJELIS MU’ALIMIL QUR’AN (MMQ): (KAJIAN LIVING QUR’AN DI TPQ AL-MUBARAK AJUNG JEMBER)

Mr, Mohamad Pupung Waluyo Putro (2024) RUTINITAS MEMBACA AL-QUR’AN DALAM ACARA MAJELIS MU’ALIMIL QUR’AN (MMQ): (KAJIAN LIVING QUR’AN DI TPQ AL-MUBARAK AJUNG JEMBER). Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
SKRIPSI PUPUNG WATER MARK.pdf

Download (996kB)

Abstract

Interaksi masyarakat Dusun Gumuk Segawe Pancakarya Ajung dengan al-Qur’an sangat beragam, salah satunya adalah kegiatan membaca al-Qur’an dalam acara Majelis Mu’alimil Qur’an oleh guru-guru TPQ Al-Mubarak. Pemahaman dan pemaknaan guru-guru TPQ Al-Mubarak terhadap nilai-nilai al-Qur’an, mereka tuangkan dalam sebuah kegiatan yang bernama Majelis Mu’alimil Qur’an atau MMQ. Tanpa disadari kegiatan tersebut sudah menjadi sebuah tradisi bagi guru-guru TPQ AL-Mubarak yang sangat sulit untuk ditinggalkan, dengan harapan agar kehidupan mereka selalu dekat dengan al-Qur’an.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah peneliti berusaha mengungkapkan 3 poin penting diantaranya, 1) Bagaimana proses pelaksanaan kegiatan rutinitas Majelis Mu’alimil Qur’an yang dilakukan oleh guru-guru TPQ Al-Mubarak Ajung Jember ?, 2) Apa manfaat yang didapat oleh guru-guru TPQ Al-Mubarak Ajung Jember setelah melaksanakan kegiatan rutinitas Majelis Mu’alimil Qur’an?, 3) Bagaimana pemaknaan kegiatan Majelis Mu’alimil Qur’an bagi guru-guru TPQ Al-Mubarak Ajung Jember ?.
Pada penelitian ini peneliti menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif. Dengan menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi sebagai langkah untuk mendapatkan data yagn diinginkan. Adapun sumber data penelitian ini terdiri dari dua sumber yaitu sumber data primer, yang peneliti dapatkan dari hasil observasi dan wawancara. Sedangkan sumber data sekunder yang diperoleh terdiri dari buku, jurnal, skripsi, tesis dan website.
Adapun hasil dari penelitian ini adalah, 1) Proses pelaksanaan kegiatan MMQ ini terdiri dari lima sesi acara, diantaranya: tawassul,tada>rus al-Qur’an, muta>la’ah jilid, pembacaan gharib, dan pembacaan tajwid. 2) Adapun manfaat yang dirasakan setelah mengikuti kegiatan rutinan tersebut beragam, diantaranya ada yang mengatakan bisa menjaga tali silaturrahim, ada juga yang berpendapat dapat memperbaiki bacaan guru-guru dan mengingat kembali materi ilmu yang sudah dipelajari. 3) Untuk pemaknaan kegiatan MMQ oleh guru-guru TPQ Al-Mubarak terdapat tiga poin pemakanaan. Pertama makna obyektif, kedua makna ekspresif dan makna dokumenter.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Depositing User: Mr U20191097 IAT
Date Deposited: 04 Jan 2024 08:18
Last Modified: 04 Jan 2024 08:18
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/31605

Actions (login required)

View Item View Item