PENERAPAN TEKNIK DISCRETE TRIAL TRAINING DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENGIKUTI PERINTAH PADA ANAK AUTIS (Studi Kasus Di SLB Starkids Jember)

Ningtyas, Diah Ayu (2023) PENERAPAN TEKNIK DISCRETE TRIAL TRAINING DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENGIKUTI PERINTAH PADA ANAK AUTIS (Studi Kasus Di SLB Starkids Jember). Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
BISMILLAH ACC FINAL.pdf

Download (5MB)

Abstract

Diah Ayu Ningtyas, 2023: Penerapan Teknik Discrete Trail Training Dalam Meningkatkan Keterampilan Mengikuti Peintah Pada Anak Autis (Studi Kasus Di SLB Starkids Jember)
Kata Kunci : Teknik Discrete Trail Training, mengikuti perintah, anak autis.
Penerapan teknik Discrete Trail Training merupakan suatu teknik yang sejauh ini diterapkan kepada anak autis guna meningkatkan keterampilan mengikuti perintah sederhana hingga perintah yang lebih kompleks lagi. Teknik DTT ini digunakan di SLB Starkids sejak tahun 2016 sejak berdirinya sekolah luar biasa tersebut. Meningkatkan keterampilan mengikuti perintah pada anak autis sangatlah penting guna menunjangnya dalam kegiatan sehari-harinya maka penerapan teknik DTT sangat bisa membantu meningkatkan keterampilan mengikuti perintah tersebut.
Fokus penelitian dibagi menjadi dua yaitu : 1. Bagaimana penerapan teknik Discrete Trail Training dalam meningkatkan mengikuti perintah pada anak autis di SLB Starkids Jember. 2. Apa faktor pendukung dan penghambat dalam penetapan teknik Discrete Trail Training dalam meningkatkan keterampilan mengikuti perintah pada anak autis Di SLB Starkids Jember.
Tujuan penelitian ini yaitu : 1. Mengetahui penerapan teknik Discrete Trail Training dalam meningkatkan keterampilan mengikuti perintah pada anak autis di SLB Starkids Jember. 2. Mengetahui apa saja faktor pendukung dan faktor penghambat dalam penerapan teknik Discrete Trail Training dalam meningkatkan keterampilan mengikuti perintah pada anak autis Di SLB Starkids Jember.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Penelitian ini berlokasikan di SLB Starkids Jember yang berada di Desa Karang Pring Kecamatan Sukorambi Kabupaten Jember. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data menggunakan pengumpulan data, reduksi data, sajian data dan penarikan kesimpulan.
Hasil dari penelitian ini mengenai bagaimana penerapan teknik Discrete Trail Training dalam meningkatkan keterampilan mengikuti perintah pada anak autis dilaksanakan dengan baik sejak tahun 2016 dengan pemberian 3 siklus, yakni siklus pertama pemberian instruksi sederhana kemudian menunggu respon anak selama 5 detik, jika tak kunjung ada respon dari anak maka dilanjutkan dengan pemberian instruksi kedua kemudian menunggunya kembali selama 5 detik, jika tak kunjung ada respon dari anak maka dilanjutkan dengan pemberian instruksi ketiga disertai dengan prompt atau bantuan. Pada siklus kedua hampir sama dengan siklus pertama tadi. Kemudian pada silus ketiga anak sudah dapat mengikuti perintah tanpa prompt atau bantuan. Sedangkan faktor pendukung dan penghambat dalam penerapan teknik DTT ini adalah mood anak, konsisten dalam kehadiran pada saat terapi dan sekolah serta menjaga pola makan anak.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES > 1701 Psychology > 170106 Health, Clinical and Counselling Psychology
17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES > 1701 Psychology > 170112 Sensory Processes, Perception and Performance
Depositing User: Diah Ayu N DAN Ayu
Date Deposited: 05 Jan 2024 07:09
Last Modified: 05 Jan 2024 07:09
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/31607

Actions (login required)

View Item View Item