Implementasi Metode Iqro' dalam Pembelajaran Membaca Al-Qur'an di TPQ Masjid Ar Ridlo Kaliwining Rambipuji Jember Tahun Ajaran 2022-2023

ROFI'IN, MOCH TAUFIQUR (2023) Implementasi Metode Iqro' dalam Pembelajaran Membaca Al-Qur'an di TPQ Masjid Ar Ridlo Kaliwining Rambipuji Jember Tahun Ajaran 2022-2023. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Moch. Taufiqur Rofi'in_T20171222.pdf

Download (1MB)

Abstract

Kata Kunci : metode Iqro’, pembelajaran membaca Al-Qur’an, TPQ.

Metode Iqro’ adalah salah satu metode belajar membaca Al-Qur’an yang terdiri dari 6 jilid. Setiap jilid mempunyai tingkat kesulitan, dimulai dari jilid 1 dengan tingkatan sederhana sampai jilid 6 dengan tingkatan yang lebih sempurna. Metode ini dinilai efektif untuk belajar membaca Al-Qur’an disegala kalangan, mulai anak-anak hingga orang tua. KH As’ad Humam adalah pencipta metode Iqro’ yang dipakai hingga sekarang.
Fokus dari penelitian ini adalah : 1. Bagaimana implementasi metode iqro’ dalam pembelajaran membaca Al-Qur’an di masjid Ar-Ridlo Kaliwining Rambipuji 2. Apa saja faktor yang mempengaruhi implementasi metode iqro’ dalam pembelajaran membaca Al-Qur’an di masjid Ar-Ridlo Kaliwining Rambipuji. Tujuan penelitian ini : 1. Mendeskripsikan bagaimana implementasi metode iqro’ dalam pembelajaran membaca di masjid Ar-Ridlo Kaliwining Rambipuji. 2. Untuk mendeskripsikan apa saja faktor yang mempengaruhi implementasi metode iqro’ dalam pembelajaran Al-Qur’an di masjid Ar-Ridlo Kaliwining Rambipuji.
Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini yaitu kualitatif deskriptif dengan jenis penelitian. Teknik pengumpulan data penelitian ini menggunakan tiga metode yaitu: wawancara, observasi dan dokumentasi. Pengecekan keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan teknik.
Adapun hasil dari penelitian ini adalah (1) implementasi metode Iqro’ di TPQ Masjid Ar-Ridlo Kaliwining Rambipuji berjalan sesuai dengan SOP yang ada di modul Iqro’. Pada proses pembelajaran terdapat modifikasi pembelajaran berupa reword dan punishment. (2) peneliti menemukan faktor apa saja yang mempengaruhi implementasi metode Iqro’ di TPQ Masjid Ar-Ridlo Kaliwining Rambipuji yaitu faktor pendukung dan faktor penghambat. Faktor pendukung yang dimaksud yaitu dukungan orang tua terhadap anaknya dan waktu dimulainya pembelajaran yang sangat tepat diwaktu ba’da Ashar. Sedangkan faktor penghambat yang dimaksud yaitu uang saku berlebihan dan berikan orang tuanya.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mr Moch Taufiqur Rofi'in
Date Deposited: 09 Jan 2024 03:38
Last Modified: 09 Jan 2024 03:38
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/31616

Actions (login required)

View Item View Item