Pengaruh Penggunaan Metode Active Learning Tipe Quiz Team Berbantuan Media Question Card Terhadap Keaktifan dan Hasil Belajar Siswa pada Materi Sel Kelas XI MIPA di SMA Nuris Jember Tahun Pelajaran 2023/2024.

Aiyuni, Feby (2023) Pengaruh Penggunaan Metode Active Learning Tipe Quiz Team Berbantuan Media Question Card Terhadap Keaktifan dan Hasil Belajar Siswa pada Materi Sel Kelas XI MIPA di SMA Nuris Jember Tahun Pelajaran 2023/2024. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Feby Aiyuni_T20198046.pdf

Download (5MB)

Abstract

Kata Kunci: Quiz Team, Keaktifan, Hasil Belajar
Materi sel merupakan materi pelajaran biologi yang bersifat abstrak dan sulit dipahami, lantaran didalamnya terdapat sub materi yang menjelaskan mekanisme yang memerlukan media dalam penjabarannya. Permasalahan yang sering dijumpai saat ini yaitu penggunaan metode dan media pembelajaran yang monoton serta guru masih menjadi pusat dalam pembelajaran. Hal ini mengakibatkan rendahnya keaktifan belajar siswa serta hasil belajar siswa. Penggunaan metode Active Learning tipe Quiz Team berbantuan Question Card dapat menjadi alternatif untuk diterapkan dalam proses pembelajaran karena dalam pelaksanaannya terdapat proses yang berujung pada meningkatnya keaktifan belajar siswa dan berdampak positif terhadap hasil belajar siswa.
Rumusan masalah yang dibahas dalam skripsi ini adalah 1) Apakah terdapat pengaruh metode Active Learning tipe Quiz Team berbantuan media Question Card terhadap keaktifan belajar siswa pada materi sel kelas XI MIPA di SMA Nuris Jember Tahun Pelajaran 2023/2024; 2) Apakah terdapat pengaruh metode Active Learning tipe Quiz Team berbantuan media Question Card terhadap hasil belajar siswa pada materi sel kelas XI MIPA di SMA Nuris Jember Tahun Pelajaran 2023/2024.
Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mengetahui pengaruh metode Active Learning tipe Quiz Team berbantuan media Question Card pada materi sel terhadap keaktifan belajar siswa kelas XI MIPA di SMA Nuris Jember; 2) Mengetahui pengaruh metode Active Learning tipe Quiz Team berbantuan media Question Card pada materi sel terhadap hasil belajar siswa kelas XI MIPA di SMA Nuris Jember.
Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan jenis penelitian Quasi Experiment dengan bentuk Nonequivalent Control Group Design. Sampel dalam penelitian ini terdiri dari dua kelas yaitu kelas XI MIPA 2 sebagai kelas eksperimen dan XI MIPA 3 sebagai kelas kontrol dengan jumlah 67 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik Purposive Sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan angket, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan uji Independent Sample T-test dan uji U Mann-Whitney.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Terdapat pengaruh yang signifikan penerapan metode Active Learning tipe Quiz Team berbantuan media Question Card terhadap keaktifan belajar siswa dengan hasil signifikansi uji U Mann-Whitney sebesar 0,000. 2) Terdapat pengaruh yang signifikan penerapan metode Active Learning tipe Quiz Team berbantuan media Question Card terhadap hasil belajar siswa dengan hasil nilai signifikansi uji Independent Sample T-test sebesar 0,003.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 06 BIOLOGICAL SCIENCES > 0601 Biochemistry and Cell Biology > 060199 Biochemistry and Cell Biology not elsewhere classified
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130201 Creative Arts, Media and Communication Curriculum and Pedagogy
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130309 Learning Sciences
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130313 Teacher Education and Professional Development of Educators
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Biologi
Depositing User: Ms Feby Aiyuni
Date Deposited: 05 Jan 2024 07:00
Last Modified: 05 Jan 2024 07:00
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/31618

Actions (login required)

View Item View Item