HUBUNGAN KESADARAN BERAGAMA DENGAN TINGKAT KECEMASAN DALAM BERKARIR PADA SISWA KELAS XII DI SMA UNGGULAN AMANATUL UMMAH SURABAYA

Rinjani, Salsabilla Samudra (2023) HUBUNGAN KESADARAN BERAGAMA DENGAN TINGKAT KECEMASAN DALAM BERKARIR PADA SISWA KELAS XII DI SMA UNGGULAN AMANATUL UMMAH SURABAYA. Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
SALSABILLA SAMUDRA RINJANI_D20195061.pdf

Download (3MB)

Abstract

Salsabilla Samudra Rinjani, 2023: Hubungan Kesadaran Bergama Dengan Tingkat Kecemasan Dalam Berkarir Pada Siswa Kelas XII di SMA Unggulan Amanatul Ummah Surabaya.
Kata Kunci: Kesadaran Beragama, Kecemasan Dalam Berkarir, Siswa
Menjadi seorang siswa pastinya memiliki banyak kewajiban akademik yang diselesaikan terutama pada siswa SMA tingkat akhir atau siswa kelas XII. Kewajiban akademik pada siswa SMA tingkat akhir yang harus diselesaikan dapat membuat siswa merasa cemas. Kecemasan pada masa depan yang dialami oleh individu disebabkan oleh individu yang selalu menilai dirinya tidak mempunyai kemampuan untuk mengatasi situasi yang akan diperkirakan. Mengenai penjelasan kecemasan tersebut, maka diperlukannya cara menangani kecemasan pada karir, yaitu salah satunya dengan melalui keberagamaan atau kesadaran bergama. Kesadaran beragama adalah proses akumulasi seluruh pengalaman kehidupan, sehingga dapat menjadikan individu selalu menghadirkan nilai positif sesuai ajaran agama. Orang yang memiliki kesadaran agama yang baik maka akan lebih mudah untuk membangun motivasi hidup, melakukan penyesuaian diri, dan mampu menunjukkan sikap yang baik kepada seseroang. Kesadaran beragama yang dilandasi dengan kehidupan beragama maka dapat menunjukkan kematangan sikap dalam menangani berbagai masalah, terbuka terhadap semua realitas atau empiris, serta mempunyai arah yang jelas dalam mengatur kehidupan.
Rumusan masalah pada penelitian ini adalah apakah terdapat hubungan antara kesadaran beragama dengan kecemasan dalam berkarir pada siswa kelas XII di SMA Unggulan amanatul ummah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui adanya hubungan antara kesadaran beragama dengan tingkat kecemasan pada siswa kelas XII di SMA Unggulan Amanatul Ummah Surabaya. Metode pada penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan korelasional. Sampel pada penelitian ini sebanyak 151 siswa sehingga seluruh populasi dijadikan sampel. Karena sampel yang digunakan ialah seluruh siswa kelas XII maka teknik yang digunakan dalam teknik pengambilan sampel ialah teknik sampling jenuh. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan kuesioner yang di dalamnya berisi tentang skala kesadaran bergama dan skala kecemasan dalam berkarir. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan korelasi pearson product moment.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES > 1701 Psychology > 170107 Industrial and Organisational Psychology
17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES > 1701 Psychology > 170111 Psychology of Religion
Depositing User: Mrs Salsabilla Samudra Rinjani
Date Deposited: 08 Jan 2024 02:13
Last Modified: 08 Jan 2024 02:13
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/31621

Actions (login required)

View Item View Item