Pandangan Tokoh Nahdlatul Ulama dan Al-Irsyad Al-Islamiyah Kabupaten Probolinggo Terhadap Konsep Kafaah Perkawinan dalam QS An-Nur 26

Faruq, Umarul (2023) Pandangan Tokoh Nahdlatul Ulama dan Al-Irsyad Al-Islamiyah Kabupaten Probolinggo Terhadap Konsep Kafaah Perkawinan dalam QS An-Nur 26. Undergraduate thesis, UIN KHAS JEMBER.

[img] Text
skrpsi umar docx.pdf water mark.pdf

Download (986kB)

Abstract

Kata Kunci: Nahdlatul Ulama, Al-Irsyad Al-Islamiyyah, kafa>ah, An-Nur: 26.

Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan perubahan konsep sebagai terobosan baru dari tranformasi sosial di kabupaten Probolinggo melalui pandangan tokoh terhadap konsep kafa>ah yang menjadi pertimbangan dalam memilih pasangan. Para ulama mazhab berbeda pandangan mengenai unsur yang termasuk konsep kafa>ah begitu pula para tokoh pada masa kini sehingga fokus penelitian dalam skripsi ini ialah: 1). Bagaimana konsep kafa>ah perkawinan dalam QS. An-Nur: 26 menurut tokoh Nahdlatul Ulama dan Al-Irsyad Al-Islamiyyah Kabupaten Probolinggo ? 2). Apa persamaan dan perbedaan konsep kafa>ah perkawinan dalam QS. An-Nur: 26 dalam pandangan tokoh Nahdlatul Ulama dan Al-Irsyad Al-Islamiyyah Kabupaten Probolinggo?. Tujuan dari penelitian skripsi ini ialah: 1). Untuk mendeskripsikan konsep kafa>ah perkawinan dalam QS. An-Nur: 26 pandangan tokoh Nahdlatul Ulama dan Al-Irsyad Al-Islamiyyah Kabupaten Probolinggo. 2). Untuk mendeskripsikan terkait persamaan dan perbedaan konsep kafa>ah perkawinan dalam QS. An-Nur: 26 dalam pandangan tokoh Nahdlatul Ulama dan Al-Irsyad Al-Islamiyyah Kabupaten Probolinggo.
Jenis penelitian yang digunakan ialah: Field Reaserch dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara serta dokumentasi. Penelitian ini juga menggunakan metode deskriptif-kualitatif dengan pendekatan sosiologi komparatif yakni pendekatan yang mencoba melihat individu manusia dengan pandangan luas yang tidak hanya terpaku pada tradisi atau kebiasaan sosial masyarakat, tapi lebih dari itu termasuk membandingkan norma-norma Islam dengan realitas kehidupan sosial masyarakat.
Berdasarkan data yang telah dikumpulkan peneliti menarik kesimpulan sebagai berikut: 1). Pandangan para tokoh terhadap konsep kafaah dalam QS. An-Nur: 26, menyepakati unsur akhlak sebagai poin penting yang disampaikan dalam ayat tersebut. 2). Persamaan dan perbedaan pandangan dan pemaknaan terjadi pada konsep kafa>ah berupa agama atau keimanan, kemerdekaan, nasab, profesi dan harta, tidak cacat, umur, serta organisasi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220404 Jewish Studies
Divisions: Fakultas Ushuluddin, Adab dan Humaniora > Ilmu Al-Qur'an dan Tafsir
Depositing User: Umarul Faruq
Date Deposited: 05 Jan 2024 07:17
Last Modified: 05 Jan 2024 07:17
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/31628

Actions (login required)

View Item View Item