IMPLEMENTASI SERTIFIKASI PRODUK HALAL BERDASARKAN UU NO 33 TAHUN 2014 TENTANG JAMINAN PRODUK HALAL PADA UMKM JEMBER EKONOMI KREATIF (JEKA) DI KABUPATEN JEMBER

Moh ubaydillah royyan, Ubay (2024) IMPLEMENTASI SERTIFIKASI PRODUK HALAL BERDASARKAN UU NO 33 TAHUN 2014 TENTANG JAMINAN PRODUK HALAL PADA UMKM JEMBER EKONOMI KREATIF (JEKA) DI KABUPATEN JEMBER. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
skripsi revisi ubay.pdf

Download (2MB)

Abstract

Moh Ubaydillah Royyan, 2023: Implementasi Sertifikasi Produk Halal Berdasarkan Uu No 33 Tahun 2014 Tentang Jaminan Produk Halal Pada Umkm Jember Ekonomi Kreatif (JEKa) Di Kabupaten Jember.
Kata kunci; Implementasi, Sertifikasi Produk Halal, Jaminan Produk Halal.
Negara Indonesia mayoritas berpenduduk Muslim, permintaan terhadap produk halal tergolong besar. Sertifikasi halal merupakan etika bisnis yang dijalankan produsen sebagai jaminan halal bagi konsumen. Indonesia memiliki UU No 33 Tahun 2014 tentang Jaminan Produk Halal yang diundangkan pada tanggal 17 Oktober 2014. UU ini bertujuan untuk memberikan perlindungan, kenyamanan, keamanan, keselamatan dan kepastian bagi konsumen dalam mengonsumsi dan menggunakan produk halal. Jember mempunyai organisasi yang bergerak di bidang ekonomi yang bernama (JEKa), JEKa bukan pendamping halal melainkan sebuah organisasi yang mewadahi umkm, Salah satunya umkm H5 Maronggih yang memproduksi produk dendeng udang maronggih.
Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah: 1. Bagaimana praktek sertifikasi produk halal pada umkm Jember ekonomi kreatif (JEKa) di Kabupaten Jember. 2. Bagaimana sertifikasi produk halal menurut UU No 33 Tahun 2014 pada umkm Jember ekonomi kreatif (JEKa) di Kabupaten Jember. Tujuan dari penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui proses sertifikasi jaminan produk halal pada umkm Jember ekonomi kreatif (JEKa). 2) Untuk menganalisa dan mendeskripsikan tentang penerapan UU No 33 tahun 2014 di Jember ekonomi kreatif (JEKa).
Penelitian menggunakan metode penelitian yuridis empris dengan pendekatan kualitatif jenis penelitian lapangan, dengan menitik beratkan kepada hasil pengumpulan data dari informan, lokasi di umkm Jember ekonomi kreatif (JEKa) khususnya pada produk dendeng udang maronggih, adapun teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunkan teknik 1) Observasi 2) Wawancara 3) Dokumentasi.
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa 1) Dalam pratek sertifikasi produk halal dendeng udang maronggih umkm yang di naungi oleh Jember ekonomi kreatif (JEKa) dan persaratannya sesuai dengan persyaratan yang di atur oleh pemerintah, namun dalam salah satu persyaratan dari pemerintah yaitu NIB harus berbeda sehingga pelaku usaha merasa terbatas untuk mendaftarkan produknya; 2) Penerapan sertifikasi undang-undang no 33 tahun 2014 tentang jaminan produk halal pada dendeng udang maronggih sudah sesuai dengan harapan pemerintah, mulai dari penyediaan bahan, pengolahan, penyimpanan, pengemasan, pendistribusian, penjualan sampai penyajian produk.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180106 Comparative Law
Depositing User: Ubay Moh ubaydillah royyan Royyan
Date Deposited: 05 Jan 2024 06:52
Last Modified: 05 Jan 2024 06:52
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/31638

Actions (login required)

View Item View Item