ANALISIS HUKUM PADA PASAL 4 UNDANG-UNDANG NOMOR 33 TAHUN 2014 TENTANG JAMINAN PRODUK HALAL PERSPEKTIF MASLAHAH MURSALAH

Abd Wafi, Wafi (2024) ANALISIS HUKUM PADA PASAL 4 UNDANG-UNDANG NOMOR 33 TAHUN 2014 TENTANG JAMINAN PRODUK HALAL PERSPEKTIF MASLAHAH MURSALAH. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Achmad Siddig Jember.

[img] Text
WAFI watermak.pdf

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK

Abd Wafi, 2023: Analisis Hukum Terhadap Pasal 4 Undang-undang Nomor 33 Tahun 2014 Tentang Jaminan Produk Halal Perspektif Maslahah Mursalah.

Kata Kunci: Analisis Hukum, Jaminan Produk Halal, Maslahah Mursalah

Undang-undang jaminan produk halal pada hakikatnya menegaskan kembali substansi hukum yang telah diatur dalam peraturan Perundang-undangan sebelumnya, dengan menekankan kepada upaya hukum yang secara terkhusus memberikan jaminan perlindungan hukum terhadap masyarakat, lebih-lebih masyarakat Islam yang mengkonsumsi makanan, minuman, obat-obatan, genetik dan kosmetik.
Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah: 1) Apa makna substansi pada Pasal 4 Undang-undang Nomor 33 Tahun 2014 tentang jaminan produk halal? 2) Bagaimana Eksistensi Pasal 4 Undang-undang Nomor 33 Tahun 2014 tentang jaminan produk halal perspektif maslahah mursalah?
Tujuan dari penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui substansi pada Pasal 4 Undang-undang Nomor 33 Tahun 2014 tentang jaminan produk halal. 2) Untuk menganalisis Eksisitensi Pasal 4 Undang-undang Nomor 33 Tahun 2014 tentang jaminan produk halal perspektif maslahah mursalah.
Penelitian ini merupakan penelitian yuridis normatif. Penelitian ini juga menggunakan penelitian kepustakaan atau studi pustaka yang menjadikan penelitian ini untuk menekankan serta memfokuskan pada studi di perpustakaan untuk mendapatkan informasi. Teknik pengumpulan bahan hukum dengan cara studi pustaka terhadap bahan-bahan hukum baik bahan hukum primer, sekunder dan tersier. Penelusuran bahan hukum tersebut dengan cara membaca, melihat, mendengarkan, dan penelusuran terhadap bahan hukum melalui media internet atau website.
Penelitian ini sampai pada simpulan bahwa: 1) Makna substansi yang tertuang pada Pasal 4 Memiliki makna menerangkan terhadap produk yang masuk, beredar dan di perdagangkan di wilayah Indonesia wajib bersertifikasi halal. Namun ketentuan kewajiban ini bukan berarti produk yang tidak halal tidak dapat beredar di wilayah Indonesia, melainkan tetap bisa beredar dengan dalih memberikan keterangan pada kemasan atau semacamnya.2) Dalam pandangan Maslahah Mursalah menurut Izz al-din bin Abd Al-salam bahwa, dalam Pasal 4 Undang-undang Nomor 33 Tahun 2014 tentang jaminan produk halal menekankan kepada kewajiban sertifikasi halal dari unsur tersebut mengandung efek positif kepada masyarakat, maka sulit untuk dikatakan keluar dari koridor maslahahnya. Oleh karena itu, hal tersebut sangat baik untuk diterapkan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180108 Constitutional Law
Depositing User: Abd Abd Wafi Wafi
Date Deposited: 05 Jan 2024 06:50
Last Modified: 05 Jan 2024 06:50
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/31644

Actions (login required)

View Item View Item