Pengaruh Persepsi Siswa pada Kreativitas Mengajar Guru Biologi terhadap Minat dan Hasil Belajar Siswa Kelas XI di SMA Darussalam Blokagung Banyuwangi

Farikha, Luqyana (2023) Pengaruh Persepsi Siswa pada Kreativitas Mengajar Guru Biologi terhadap Minat dan Hasil Belajar Siswa Kelas XI di SMA Darussalam Blokagung Banyuwangi. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Skripsi Farikha Luqyana.pdf

Download (5MB)

Abstract

Kata Kunci: Kreativitas Mengajar Guru, Minat Belajar Siswa, Hasil Belajar Siswa.
Kreativitas mengajar guru merupakan kemampuan yang dimiliki guru dalam menciptakan aktivitas belajar yang beragam sehingga dapat memenuhi berbagai tingkat kemampuan siswa. Guru hendaknya semakin kreatif dalam mencari, menemukan, maupun menerapkan ide atau inovasi-inovasi baru dalam proses pengajaran. Guru perlu memiliki upaya untuk membangkitkan minat siswa salah satunya melalui kreativitasnya dalam mengajar. Peningkatan mutu pembelajaran melalui kreativitas mengajar guru juga diharapkan adanya peningkatan dari hasil belajar siswa, karena jika guru memiliki kreativitas mengajar secara maksimal maka dapat memberikan pemahaman yang baik pada konsep pelajaran.
Penelitian ini bertujuan untuk 1) Untuk mendeskripsikan persepsi siswa pada kreativitas mengajar guru Biologi kelas XI MIPA di SMA Darussalam Blokagung Banyuwangi, 2) Untuk mengetahui pengaruh persepsi siswa pada kreativitas mengajar guru Biologi terhadap minat belajar siswa kelas XI MIPA di SMA Darussalam Blokagung Banyuwangi, 3) Untuk mengetahui pengaruh persepsi siswa pada kreativitas mengajar guru Biologi terhadap hasil belajar siswa kelas XI MIPA di SMA Darussalam Blokagung Banyuwangi.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian korelasional yang dilakukan di SMA Darussalam Blokagung Banyuwangi. Populasi meliputi seluruh siswa kelas XI MIPA yang berjumlah 139 siswa. Teknik sampling yang digunakan yaitu total sampling sehingga sampel yang diambil sebanyak 5 kelas yang berjumlah 139 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner/angket dan dokumentasi, serta analisis data menggunakan regresi linier sederhana dengan uji prasyarat yaitu uji normalitas, uji heteroskedastisitas, dan uji autokorelasi.
Hasil penelitian yang dilakukan menunjukkan bahwa: 1) Berdasarkan persepsi siswa pada kreativitas mengajar guru Biologi kelas XI MIPA di SMA Darussalam Blokagung Banyuwangi dengan kategori sangat tinggi sebanyak 24 siswa dengan persentase 17%, kategori tinggi sebanyak 107 siswa dengan persentase 77%, dan kategori sedang sebanyak 8 siswa dengan persentase 6%. 2) Terdapat pengaruh yang signifikan persepsi siswa pada kreativitas mengajar guru Biologi terhadap minat belajar siswa kelas XI MIPA di SMA Darussalam Blokagung Banyuwangi. Hal ini dibuktikan oleh hasil uji analisis regresi sederhana diperoleh nilai thitung = 3,085 > ttabel = 1,97743, dengan besar sig. sebesar 0,002 lebih kecil dari 0,05. 3) Terdapat pengaruh yang signifikan persepsi siswa pada kreativitas mengajar guru Biologi terhadap hasil belajar siswa kelas XI MIPA di SMA Darussalam Blokagung Banyuwangi. Hal ini dibuktikan oleh hasil uji analisis regresi sederhana diperoleh nilai thitung = 2,375 > ttabel = 1,97743, dengan besar sig. sebesar 0,019 lebih kecil dari 0,05.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Biologi
Depositing User: Farikha Luqyana
Date Deposited: 05 Jan 2024 07:08
Last Modified: 05 Jan 2024 07:08
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/31645

Actions (login required)

View Item View Item