Toleransi Antar Umat Beragama (Pemahaman Masyarakat Desa Tegalbadeng Timur Kecamatan Negara Kabupaten Jembrana Bali Terhadap Hadis-hadis Toleransi)

Hilmah, Izzatul (2023) Toleransi Antar Umat Beragama (Pemahaman Masyarakat Desa Tegalbadeng Timur Kecamatan Negara Kabupaten Jembrana Bali Terhadap Hadis-hadis Toleransi). Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Skripsi Hilma.pdf

Download (2MB)

Abstract

Izzatul Hilmah, L2023. Toleransi Antar Umat Beragama (Pemahaman Masyarakat Desa Tegalbadeng Timur Kecamatan Negara Kabupaten Jembrana Bali Terhadap Hadis-hadis Toleransi).
Kata Kunci: Toleransi, Umat Beragama
Islam adalah agama kedamaian, pemeluknya diajarkan untuk selalu mengedepankan perdamaian. IslamL selalu mengajarkanL umatnya untukL menjadi umatL ¬al-wasthan yaitu sikap toleranL dan moderatL dalam menyikapiL setiap Lpersoalan, termasuk juga cara dalamL mengatasi perbedaanL agama, dariL beberapa banyakL bukti menunjukanL terjadinya suatuL masalah terkait adanyaL berbedaan. Oleh karena itu, toleransi dalamL beragama adalahL toleransi yangL menyeluruh dalamL keyakinan diriL mansuia yang berhubungan denganL keyakinan atauL aqidah. Setiap orangL harus menghargaiL pilihan agamaL orang lainL termasuk juga segalaL aspek pengamalannya. Islam sebagai agama rahmatan lil ‘alamin menganjurkanL toleransi untuk menjagaL keharmonisan hidupL dengan Lorang-orang Lnon-Muslim. SikapL toleransi yang telah tumbuh dalam masing-masing orang atau kelompok tentu akanL berdampak baikL bagi kerukunanL umat Lberagama.
Rumusan masalah dalamL penelitian iniL adalah tentang bagaimana pemahaman masyarakat Muslim diL desa Tegalbadeng Timur KecamatanL Negara Kabupaten Jembrana terhadap hadis toleransi serta bagaimana praktik toleransi dalam kehidupan sosialL antar umatL beragama diL desa Tegalbadeng Timur KecamatanL Negara Kabupaten Jembrana.
TujuanL dariL penelitianL ini adalah untukL mendeskripsikan pemahaman masyarakatL Muslim di desaL Tegalbadeng Timur Kecamatan Negara KabupatenL Jembrana terhadap hadis toleransi dan mendeskripsikan praktik toleransi dalam kehidupan sosial antar umat beragama di desa Tegalbadeng Timur KecamatanL Negara Kabupaten LJembrana.
PenelitianL ini menggunakanL pendekatan kualitatif, jenisL penelitian ini adalah Ldeskriptif. Kemudian untuk mengumpulkanL data denganL menggunakan metodeL observasi (PengamatanL), wawancara dan Ldokumentasi. Sedangkan analisisL data dalamL penelitian iniL menggunakan analisisL data kualitatifL dengan langkah-langkah reduksiL data, penyajianL data, Lpenarikan/kesimpulan.
Kemudian Ldari hasil penelitian ini diketahui bahwa kehidupan umat beragama di Desa Tegalbadeng Timur terbilang cukup stabil dan kondusif. Meskipun hidup berdampingan dengan berbagai etnis, budaya, serta agama yang beragam, masyarakat Desa Tegalbadeng Timur tetap bisa menjaga toleransi antar umat beragama dalam kehidupan sehari-harinya. Bahkan tanggapan tetang hadis toleransi hampir seluruh responden sepakat bahwa Umat Muslim harus memiliki sikap toleransi dalam kehidupan antar Masyarakat. Sebagai implikasinya, para responden merasa sangat aman dan nyaman hidup bertetangga dengan masyarakat beragama lain. Walaupun terkadang terdapat gesekan-gesekan kecil, namun biasanya hal tersebut disebabkan oleh kenakalan remaja, bukan karena sentiment antar agama. Gesekan-gesekan tersebut juga selalu bisa ditangani dan diredam oleh para tokoh masyarakat yang terlibat.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Ushuluddin, Adab dan Humaniora > Ilmu Hadits
Depositing User: Mrs Izzatul Hilmah
Date Deposited: 08 Jan 2024 02:22
Last Modified: 08 Jan 2024 02:22
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/31647

Actions (login required)

View Item View Item