Penerapan Akad Ijarah Di Rental Mobil Berdasarkan Kompilasi Hukum Ekonomi Syariah (Studi Kasus Desa Silo Kecamatan Silo Kabupaten Jember)

fatoni, iqbal (2024) Penerapan Akad Ijarah Di Rental Mobil Berdasarkan Kompilasi Hukum Ekonomi Syariah (Studi Kasus Desa Silo Kecamatan Silo Kabupaten Jember). Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
IQBAL FATONI WATERMAK.pdf

Download (2MB)

Abstract

Akad Ijarah (sewa-menyewa) adalah salah satu bentuk akad pemindahan manfaat atas suatu barang atau jasa dalam waktu yang ditentukan dan disertai dengan upah tanpa adanya pemindahan hak kepemilikan barang tersebut. Rental Mobil Haji Husni berlokasi di Dusun Kebun langsep desa Silo kecamatan Silo Kabupaten jember yang bergerak di bidang penyediaan layanan penyewaan mobil yang menerapkan sistem sewa harian atau sewa kontrak baik lepas kunci atau dengan sopir. Rental mobil merupakan akad ijarah atau sewa menyewa dimana rental mobil ini dilakukan perorangan, kelompok usaha yang berbadan hukum, dan kelompok usaha yang tidak berbadan hukum untuk memenuhi kebutuhan yang sifatnya komersial dan tidak komersial dalam prinsip Syariah.
Fokus pada penelitian yang diangkat dalam penelitian ini adalah : 1. Bagaimana bentuk penerapan akad ijarah di rental mobil milik Haji Husni di Desa Silo Kecamatan Silo Kabupaten Jember ? 2. Bagaimana Tinjauan Kompilasi Hukum Ekonomi Syariah (KHES) terhadap permasalahan pada penerapan akad ijarah di rental mobil di Desa Silo Kecamatan Silo Kabupaten Jember ?
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis kualitatif deskriptif yaitu dengan menyajikan data-data dari lapangan yang didapat dari penelitian dilapangan sebagai sumber utama, seperti observasi, wawancara, dan dokumentasi guna untuk mengungkap persoalan yang sedang terjadi secara teratur dan menyeluruh.
Kesimpulan penelitian yang dilakukan ini adalah 1. Rental milik mobil Haji Husni telah melakukan akad ijarah sesuai dengan hukum islam yang bersumber kepada Al-Quran dan telah sesuai dengan kompilasi hukum ekonomi syariah baik dari rukun maupun syarat yang ditetapkan dan juga memenuhi asas-asas kompilasi hukum ekonomi syariah yang berlaku dalam perjanjian sewa-menyewa. 2. Permasalahan akad ijarah di rental mobil milik Haji Husni di Desa Silo Kecamatan Silo Kabupaten Jember terdapat unsur ingkar janji atau wanprestasi yang dilakukan oleh pihak penyewa. Dimana pihak penyewa seringkali melakukan ingkar janji tersebut. Hal ini tidak boleh karena melanggar aturan yang telah ditentukan dalam Kompilasi Hukum Ekonomi Syariah dan juga Asas Kompilasi Hukum Ekonomi syariah.
Kata Kunci : Akad Ijarah, Rental Mobil, Kompilasi Hukum Ekonomi Syariah

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180109 Corporations and Associations Law
Divisions: Fakultas Syariah > Hukum Ekonomi Islam
Depositing User: Man Iqbal Fatoni Iqbal
Date Deposited: 05 Jan 2024 07:30
Last Modified: 05 Jan 2024 07:30
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/31648

Actions (login required)

View Item View Item