Pandangan Praktik Dalam Pembiayaan Akad Al-Qardhul Hasan Berdasarkan Hukum Ekonomi Syariah (Studi Kasus di KSPPS BMT NU Jawa Timur Cabang Kalisat Jember)

Aini, Nur (2024) Pandangan Praktik Dalam Pembiayaan Akad Al-Qardhul Hasan Berdasarkan Hukum Ekonomi Syariah (Studi Kasus di KSPPS BMT NU Jawa Timur Cabang Kalisat Jember). Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
EDIT_NUR AINI S20192048 skripsi (1).pdf

Download (2MB)

Abstract

Seiring dengan berkembangannya zaman, perbankan atau juga disebut lembaga keuangan merupakan salah satu sistem keuangan yang mempunyai fungsi sebagai finansial intermediary, yakni suatu lembaga yang bertugas untuk mempertemukan antara pemilik dan pengguna dana, maka dari itu kegiatan bank atau koperasi harus berjalan secara efisien baik pada sekala makro dan mikro. Untuk terpenuhinya dana masyarakat yang selama ini belum terlayani oleh sistem perbankan konvensional dan untuk terpenuhinya kebutuhan layanan jasa perbankan yang sesuai dengan prinsip syariah.
Fokus Penelitian Skripsi ini yaitu: 1) Bagaimana praktik pembiayaan al-qardhul hasan di KSPPS BMT NU cabang Kalisat Jember? 2) Bagaimana pandangan hukum ekonomi syariah terhadap praktik pembiayaan al-qardhul hasan di KSPPS BMT NU cabang Kalisat Jember?
Adapun tujuan penelitian pada skripsi ini yaitu: 1 Untuk mengetahui dan menganalisis praktik pembiayaan al-qardhul hasan di KSPPS BMT NU cabang Kalisat Jember. 2) Untuk mengetahui dan menganalisis pandangan hukum ekonomi syariah terhadap praktik pembiayaan al-qardhul hasan di KSPPS BMT NU cabang Kalisat Jember.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian field reserch (penelitian lapangan). Dan teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancar, dokumentasi. Analisis data menggunakan teknik analisis kualitatif yaitu terdiri dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data.
Berikut hasil penelitian: 1) Bahwa dalam pelaksanaan pembiayaan akad al-qardhul hasan nasabah tidak dimintai barang yang digadaikan yang akan dilunasi di pegadain, pihak koperasi hanya meminta barang lain yang akan menjadi jaminan untuk menjadi salah satu syarat agar dapat melakukan pembiayaan yang produktif 2) Dalam pandangan hukum ekonomi syariah terhadap sistem kegiatan ekonomi yang dilakukan masyarakat menjadikan landasan serta aturan-aturan yang sesuai dengan syariat Islam. Dalam praktiknya sistem BMT sama dengan Bank syariah, yaitu bagi hasil.
Kata Kunci: Al-Qardhul Hasan, Hukum Ekonomi Syariah, BMT NU

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180127 Mu'amalah (Islamic Commercial & Contract Law) > 18012714 al-Qardh (Hutang-piutang)
Divisions: Fakultas Syariah > Hukum Ekonomi Islam
Depositing User: Ms Nur Aini Aini
Date Deposited: 09 Jan 2024 00:31
Last Modified: 09 Jan 2024 00:31
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/31659

Actions (login required)

View Item View Item