Upaya Menumbuhkan Motivasi Belajar Siswa Melalui Kajian Kitab Ta'lim Muta'allim Di SMK Darussalam Blokagung Tegalsari Banyuwangi

Zahra, Anti Laila (2023) Upaya Menumbuhkan Motivasi Belajar Siswa Melalui Kajian Kitab Ta'lim Muta'allim Di SMK Darussalam Blokagung Tegalsari Banyuwangi. Undergraduate thesis, UIN KIAI HAJI ACHMAD SIDDIQ JEMBER.

[img] Text
Anti Laila Zahra_D20195039.pdf

Download (12MB)

Abstract

Anti Laila Zahra, 2023:Upaya Menumbuhkan Motivasi Belajar Siswa Melalui Kajian Kitab Ta'lim Muta'allim Di SMK Darussalam Blokagung Tegalsari Banyuwangi.
Kata kunci: Motivasi belajar, Kajian Kitab Ta'lim Muta'allim
Pengajaran Islam klasik sebenarnya sudah menawarkan konsep tentang pembentukan akhlaq atau mental yang baik, yaitu dengan pengajaran sebuah kitab yang menekankan pendidikan akhlak dan menumbuhkan sikap menghormati, yang salah satunya melalui kajian kitab Ta'lim Muta'allim. Isi dari kitab Ta'lim Muta'allim menyebutkan terdapat beberapa hal yang harus dimiliki siswa ketika sedang mencari ilmudiantaranya, menghormati guru dan ilmu, bersungguh-sungguh dalam mencari ilmu, istiqomah, tawakal, memaksimalkan waktu dalam belajar dan bersikap wara' ketika menuntut ilmu dan ilmunya.
Fokus masalah yang diteli dalam skripsi ini adalah : 1) Upaya Menumbuhkan motivasi belajar siswa melalui Kajian Kitab Ta'lim Muta'allim di SMK Darussalam Blokagung Tegalsari Banyuwangi. 2) Apa saja faktor penghambat dan pendukung dalam Menumbuhkan motivasi belajar siswa melalui Kajian Kitab Ta'lim Muta'allim di SMK Darussalam Blokagung Tegalsari Banyuwangi
Tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui Upaya Menumbuhkan motivasi belajar siswa melalui Kajian Kitab Ta'lim Muta'allim di SMK Darussalam Blokagung Tegalsari Banyuwangi2) untuk mengetahui faktor penghambat dan pendukung Upaya Menumbuhkan motivasi belajar siswa melalui Kajian Kitab Ta'lim Muta'allim di SMK Darussalam Blokagung Tegalsari Banyuwangi
Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif.Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini ialah kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.Keabsahan data pada penelitian ini menggunakan dua macam. Diantaranya yaitu: 1). Triangulasi sumber, dan 2) Triangulasi teknik.
Hasil penelitian ini yaitu : 1) Upaya Menumbuhkan motivasi belajar siswa melalui Kajian Kitab Ta'lim Muta'allim di SMK Darussalam Blokagung Tegalsari Banyuwangi meliputi : a) Dapat memperoleh pemahaman mendalam mengenai pentingnya ilmu dalam belajar b) Dapat memperoleh pemahaman mendalam mengenai pentingnya ilmu dalam belajar c) Tanggung jawab d) kedisiplinan. 2) faktor penghambat dan pendukung dalam upaya menumbuhkan motivasi belajar melalui kajian kitab Ta'lim Muta'allim yakni : faktor penghambat meliputi: a) gangguan dari lingkungan b) kurangnya kedisiplinan 3) kurangnya rasa syukur. Faktor pendukung meliputi :a) pemahaman mendalam terhadap materi b) tujuan belajar atau niat c) dukungan lingkungan yang positif d) kesabaran dan ketekunan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130303 Education Assessment and Evaluation
17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES > 1701 Psychology > 170103 Educational Psychology
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan dan Konseling Islam
Depositing User: Anti Laila Zahra
Date Deposited: 08 Jan 2024 06:49
Last Modified: 08 Jan 2024 06:49
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/31670

Actions (login required)

View Item View Item