Implementasi Program Jumat Berbagi dalam Membentuk Karakter Religius dan Peduli Sosial Siswa di Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Jember

Nikmatul, Anifah (2023) Implementasi Program Jumat Berbagi dalam Membentuk Karakter Religius dan Peduli Sosial Siswa di Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Jember. Undergraduate thesis, UIN KH. Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
NIKMATUL ANIFAH_T20191157.pdf

Download (3MB)

Abstract

Nikmatul Anifah, 2023: Implementasi Program Jumat Berbagi dalam Membentuk Karakter Religius dan Peduli Sosial Siswa di Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Jember

Kata Kunci: program Jumat berbagi, karakter religius dan peduli sosial

Karakter merupakan hal yang sangat penting dan mendasar dalam pendidikan terutama bagi seorang muslim. Karena peran pentingnya maka dalam pembentukan karakter memerlukan lingkungan yang baik agar membantu dalam proses terbentuknya karakter dengan baik. Sebagaimana yang telah dilaksanakan di MTsN 1 Jember yang mempunyai salah satu program yaitu Jumat berbagi atau sedekah. Sedekah adalah salah satu ibadah yang diperintahkan Allah dan memiliki dampak tidak hanya hubungan kepada Allah, namun hubungan terhadap sesama manusia.
Fokus penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah: 1) Bagaimana implementasi program Jumat berbagi dalam membentuk karakter religius dan peduli sosial siswa di Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Jember?, 2) Apa faktor pendukung dan penghambat implementasi program Jumat berbagi dalam membentuk karakter religius dan peduli sosial siswa di Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Jember? Adapun tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui implementasi program Jumat berbagi dalam membentuk karakter religius dan peduli sosial siswa di Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Jember, 2) Untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat implementasi program Jumat Berbagi dalam membentuk karakter religius dan peduli sosial siswa di Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Jember.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif, dengan jenis penelitian lapangan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini melalui tiga tahap yaitu yaitu kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan, sedangkan keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Implementasi program Jumat berbagi di MTsN 1 Jember sudah diupayakan dengan baik. Adanya pembiasaan berbagi atau bersedekah dapat membentuk karakter religius dan peduli sosial siswa. Karakter religius dapat terlihat dari siswa yang lebih ikhlas dan amanah dalam bersedekah, merasa lebih dekat dengan Allah SWT, serta menyakini dengan bersedekah akan mendapat pahala dan perubahan sikap yang lebih baik lagi. Sedangkan karakter peduli sosial dapat terlihat dari perilaku siswa yang suka berbagi kepada sesama teman, tolong menolong, dermawan dan membantu orang lain yang membutuhkan atau yang terkena musibah, 2) Faktor pendukung implementasi program Jumat berbagi diantaranya adalah keinginan diri sendiri, bantuan anggota OSIM serta dukungan dari kepala sekolah, koordinator program, guru, staf dan wali siswa. Sedangkan faktor penghambat diantaranya kurangnya kesadaran siswa dalam bersedekah, kurangnya pengawasan dari guru, siswa tidak tertib dan keterlambatan dalam pembagian makanan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220405 Religion and Society
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220499 Religion and Religious Studies not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Nikmatul Anifah
Date Deposited: 08 Jan 2024 06:43
Last Modified: 08 Jan 2024 06:43
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/31675

Actions (login required)

View Item View Item