Pengembangan media pembelajaran matematika berbasis aplikasi android yang terintegrasi nilai keislaman dengan menggunakan ispring suite pada materi vektor kelas X di SMA Negeri 3 Jember

Sabilil Haq, Muhammad Malik (2023) Pengembangan media pembelajaran matematika berbasis aplikasi android yang terintegrasi nilai keislaman dengan menggunakan ispring suite pada materi vektor kelas X di SMA Negeri 3 Jember. Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
SKRIPSI-MUHAMMAD MALIK SABILIL HAQ (T20197084).pdf

Download (16MB)

Abstract

Kata kunci: media pembelajaran; aplikasi android; nilai keislaman; ispring suite; vektor.

Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi mempengaruhi berbagai aspek kehidupan manusia salah satunya sektor pendidikan. Guru dituntut untuk mampu memanfaatkan teknologi dalam proses pembelajaran, sehingga harapannya proses belajar mengajar menjadi lebih mudah dan hasil belajar siswa meningkat. Penggunaan media menjadi salah satu penunjang dalam proses pembelajaran. Dengan adanya media pembelajaran, maka dapat siswa dapat terbantu dalam memahami materi yang dijelaskan oleh guru. Tentunya pemilihan media yang tepat diperlukan oleh guru, supaya dapat membangkitkan motivasi, semangat dan minat belajar siswa, terutama penggunaan media kreatif yang dapat meningkatkan efisiensi belajar sehingga hasil yang dicapai nantinya bisa maksimal.

Penelitian memiliki tujuan untuk: 1) mengetahui tingkat kevalidan media pembelajaran matematika berbasis aplikasi android yang terintegrasi nilai keislaman, 2) mengetahui keefektifan media pembelajaran matematika berbasis aplikasi android yang terintegrasi nilai keislaman, 3) mengetahui kepraktisan media pembelajaran matematika berbasis aplikasi android yang terintegrasi nilai keislaman.

Penelitian ini merupakan jenis penelitian Research and Development (R&D) dengan menggunakan model pengembangan ADDIE. Pada tahap analysis dilakukan analisis kebutuhan siswa, analisis kurikulum, analisis materi pembelajaran, dan analisis konsep islam. Pada tahap design dilakukan perancangan media pembelajaran beserta instrumen penelitian. Pada tahap development dilakukan pengembangan media pembelajaran dan instrumen penelitian sesuai yang telah direncanakan. Pada tahap implementation dilakukan uji coba produk kepada siswa dan guru matematika. Pada tahap terakhir yakni evaluation dilakukan evaluasi produk berdasarkan tanggapan dan saran yang didapatkan.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa kevalidan media pembelajaran memperoleh skor persentase rata-rata keseluruhan sebesar 94,967% dengan kriteria “sangat valid”. Kepraktisan media pembelajaran dari respon siswa sebesar 80,147% dengan kriteria “praktis” dan sebesar 94,1% dari respon guru dengan kriteria “sangat praktis”. keefektifan media dilihat dari persentase ketuntasan posttest siswa secara klasikal sebesar 58,97% dengan kategori “cukup efektif” yang berarti bahwa media pembelajaran matematika berbasis aplikasi android dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Dengan demikian media pembelajaran matematika berbasis aplikasi android yang terintegrasi nilai keislaman dikatakan layak dengan kategori sangat valid, praktis dan cukup efektif.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 01 MATHEMATICAL SCIENCES > 0199 Other Mathematical Sciences > 019999 Mathematical Sciences not elsewhere classified
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130208 Mathematics and Numeracy Curriculum and Pedagogy
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: kang Muhammad Malik Sabilil Haq
Date Deposited: 08 Jan 2024 02:20
Last Modified: 08 Jan 2024 02:20
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/31676

Actions (login required)

View Item View Item