PENGARUH TECHNOLOGY ACCEPTANCE MODEL (TAM) TERHADAP LOYALITAS NASABAH PENGGUNA BSI MOBILE BANKING PADA PT. BANK SYARIAH INDONESIA KANTOR CABANG PEMBANTU KENCONG

Indah Ihza Mahendra, Yusril (2023) PENGARUH TECHNOLOGY ACCEPTANCE MODEL (TAM) TERHADAP LOYALITAS NASABAH PENGGUNA BSI MOBILE BANKING PADA PT. BANK SYARIAH INDONESIA KANTOR CABANG PEMBANTU KENCONG. Undergraduate thesis, UIN KIAI HAJI ACHMAD SIDDIQ JEMBER.

[img] Text
yusril indah ihza mahendra_nim. 20191173.pdf

Download (7MB)

Abstract

Pesatnya perkembangan teknologi digital berpengaruh pada industri
perbankan salah satunya yaitu dengan adanya mobile banking. Fenomena
gangguan pada BSI mobile banking terjadi juga di PT. Bank Syariah Indonesia
Kantor Cabang Pembantu Kencong. Tentunya hal tersebut menarik peneliti untuk
melakukan observasi mengenai loyalitas nasabah pengguna BSI mobile banking di
PT. Bank Syariah Indonesia Kantor Cabang Pembantu Kencong.
Rumusan masalah dalam penelitian ini, yaitu: Apakah attitude toward
using, behavioral intention, perceived usefulness dan perceived ease of use
berpengaruh signifikan terhadap loyalitas nasabah pengguna BSI mobile banking
pada PT. Bank Syariah Indonesia Kantor Cabang Pembantu Kencong ?
Tujuan dari penelitian ini adalah: Untuk mengetahui pengaruh attitude
toward using, behavioral intention, perceived usefulness dan perceived ease of
use terhadap loyalitas nasabah pengguna BSI mobile banking pada PT. Bank
Syariah Indonesia Kantor Cabang Pembantu Kencong.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis
eksplanatory research. Populasinya seluruh nasabah Bank Syariah Kantor Cabang
Pembantu Kencong. Sedangkan ukuran sampel dihitung dengan rumus Hair, yakni
variabel indikator dikali 5-10. Sehingga diperoleh 105 sampel.
Hasil penenlitian : 1) Variabel attitude toward using secara parsial
berpengaruh signifikan terhadap loyalitas nasabah pengguna BSI Mobile Banking.
2) Variabel behavioral intention secara parsial berpengaruh signifikan terhadap
loyalitas nasabah pengguna BSI Mobile Banking.3) Variabel perceived usefulness
secara parsial berpengaruh signifikan terhadap loyalitas nasabah pengguna BSI
Mobile Banking. 4) Variabel perceived ease of use secara parsial berpengaruh
signifikan terhadap loyalitas nasabah pengguna BSI Mobile Banking. 5) Secara
simultan variabel attitude toward using, behavioral intention, perceived
usefulness, perceived ease of use berpengaruh terhadap loyalitas nasabah
pengguna BSI Mobile Banking.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 14 ECONOMICS > 1401 Economic Theory > 140199 Economic Theory not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syari'ah
Depositing User: Mrs Yusril indah Ihza mahendra
Date Deposited: 08 Jan 2024 03:41
Last Modified: 08 Jan 2024 03:41
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/31684

Actions (login required)

View Item View Item