Upaya Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Meningkatkan Kemampuan Baca Al-Qur'an Siswa Melalui Tadarus Al-Qur'an Di Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 2 Tegaldlimo Banyuwangi Tahun Pelajaran 2022/2023

Faizatul Umah, Nila (2023) Upaya Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Meningkatkan Kemampuan Baca Al-Qur'an Siswa Melalui Tadarus Al-Qur'an Di Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 2 Tegaldlimo Banyuwangi Tahun Pelajaran 2022/2023. Undergraduate thesis, UIN KIAIB HAJI ACHMAD SIDDIQ JEMBER.

[img] Text
NILA FAIZATUL UMAH _T20191289.pdf

Download (2MB)

Abstract

Kata Kunci: Guru PAI, Kemampuan Siswa, Membaca Al-Qur’an

​Kegiatan tadarus Al-Qur’an adalah kegiatan yang diadakan dengan tujuan agar siswa SMP Negeri 2 Tegaldlimo lancar dalam membaca Al-Qur’an. Ironinsnya kegiatan tadarus Al-Qur’an di Sekolah Menengah Pertama Negeri 2 Tegaldlimo menunjukkan bahwa kebanyakan peserta didik belum lancar dalam membaca Al-Qur’an dengan baik dan benar, dengan baik dan benar disini maksudnya adalah membaca dengan menggunakan ketentuan-ketentuan yang berlaku, seperti hukum tajwidnya, makharijul hurufnya, maupun bacaan gharibnya. Adapun beberapa siswa yang bermalas-malasan dalam tadarus Al-Qur’an serta kurangnya memperhatikan dalam membaca Al-Qur’an. Pada kenyataannya masih ada siswa yang belum dapat membaca Al-Qur’an dengan baik dan benar. Mereka sekedar mampu membaca Al-Qur’an belum sesuai dengan ketentuan membaca Al-Qur’an.
Fokus penelitian ini adalah: 1) Upaya guru pendidikan agama Islam dalam meningkatkan kemampuan baca Al-Qur’an siswa melalui tadarus Al-Qur’an di Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 2 Tegaldlimo? 2) Faktor pendukung dan penghambat upaya guru pendidikan agama Islam dalam meningkatkan kemampuan baca Al-Qur’an siswa melalui tadarus Al-Qur’an Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 2 Tegaldlimo?
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan ialah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini ialah pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data pada penelitian ini menggunakan dua macam, diantaranya yaitu: 1) Triangulasi Sumber, dan 2) Triangulasi Teknik. Hasil dari penelitian ini yaitu: 1) Upaya guru PAI SMP Negeri 2 Tegaldlimo untuk meningkatkan kemampuan baca Al-Qur’an siswa melalui tadarus Al-Qur’an sudah terlaksana dengan baik, yang dapat dilihat dalam beberapa hal, diantaranya: a). Memberi dampak positif bagi siswa, b). Kemampuan membaca Al-Qur’an menjadi lebih baik. Seiring berjalannya kegiatan ini. 2) Faktor pendukung dan penghambat upaya guru PAI dalam meningkatkan kemampuan baca Al-Qur’an siswa melalui tadarus Al-Qur’an, dipengaruhi oleh beberapa faktor diantaranya adalah: a) faktor pendukung diantara yaitu: Fasilitas yang berupa sarana dan prasarana yang memadai, dorongan dari pihak sekolah, dorongan orang tua, dan minat dari diri sendiri. b) faktor penghambat diantaranya yaitu: diri sendiri, waktu, kurangnya kedisipilan, dan domisili siswa

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Nila Faizatul Umah
Date Deposited: 08 Jan 2024 03:34
Last Modified: 08 Jan 2024 03:34
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/31688

Actions (login required)

View Item View Item