Diferensiasi Guru Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Dan Budi Pekerti Terhadap Siswa Tunarungu Di SLB Harmoni Sidoarjo.

Yudha Aditya, Pratama (2023) Diferensiasi Guru Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Dan Budi Pekerti Terhadap Siswa Tunarungu Di SLB Harmoni Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Kiai Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
YUDHA ADITYA PRATAMA_T20191137.pdf

Download (3MB)

Abstract

Kata Kunci : Diferensiasi guru, Pendidikan Agama Islam, Peserta didik tunarungu.
SLB Harmoni Sidoarjo merupakan sekolah yang berada di kecamatan Gedangan kabupaten Sidoarjo. Sekolah ini menampung beberapa jenis ketunaan di antaranya tunanetra, tunarungu, tunagrahita, tunadaksa, ADHD, autisme, dan ketunaan ganda. Guru kelas yang mengajarkan mata pelajaran Pendidikan Agama Islam menggunakan diferensiasi dalam pengajarannya terhadap peserta didik tunarungu di SLB Harmoni Sidoarjo.
Fokus penelitian yang dirumuskan pada penelitian ini adalah: 1. Bagaimana proses diferensiasi yang dilakukan guru kelas pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam terhadap peserta didik tunarungu di SLB Harmoni Sidoarjo. 2. Apakah motif tindakan sosial yang guru kelas pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam melakukan diferensiasi terhadap peserta didik tunarungu di SLB Harmoni Sidoarjo?.
Tujuan penelitian ini adalah: 1. Untuk menganalisa praktik diferensiasi dalam mata pelajaran Pendidikan Agama Islam terhadap peserta didik tunarungu di SLB Harmoni Sidoarjo. 2. Untuk mendeskripsikan dan menganalisa motif tindakan sosial guru kelas pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam melakukan diferensiasi pada peserta didik tunarungu di SLB Harmoni Sidoarjo.
Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis kualitatif deskriptif. Dalam memilih subjek, peneliti menggunakan teknik purposive sampling. Untuk teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan yaitu kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan serta verifikasi. Keabsahan data menggunakan teknik triangulasi sumber dan triangulasi teknik.
Adapun hasil penelitian ini adalah: Diferensiasi yang dilakukan oleh guru terlihat saat mengajarkan peserta didik. Karena di dalam kelas terdapat beberapa macam karakter peserta didik. Lalu motif tindakan sosial guru kelas pada mata pelajaran PAI dalam melakukan diferensiasi pada peserta didik tunarungu di SLB Harmoni Sidoarjo adalah Zweck-Rationalitat.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130311 Pacific Peoples Education
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130312 Special Education and Disability
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mr YUDHA ADITYA PRATAMA
Date Deposited: 08 Jan 2024 03:03
Last Modified: 08 Jan 2024 03:03
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/31689

Actions (login required)

View Item View Item