PROSES PEMBELAJARAN AQIDAH AKHLAK DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER PESERTA DIDIK DI MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI 10 JEMBER

NURHIDAYAH, DWI (2023) PROSES PEMBELAJARAN AQIDAH AKHLAK DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER PESERTA DIDIK DI MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI 10 JEMBER. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
DWI NURHIDAYAH T20191420.pdf

Download (16MB)

Abstract

Dwi Nurhidayah, 2023. Proses Pembelajaran Akidah Akhlak Dalam Pembentukan Karakter Peserta Didik Di Madrasah Tsanawiyah Negeri 10 Jember Tahun Pelajaran 2023-2024.

Kata Kunci :Jujur, Disiplin, Bertanggung jawab

Pendidikan karakter kini menjadi isu utama dalam dunia pendidikan selain menjadi bagian dari proses pembentukan akhlak anak bangsa pendidikan karakter diharapkan mampu menjadi pondasi utama dalam menyukseskan Indonesia. Latar belakang masalah dalam skripsi ini adalah proses pembentukan karakter peserta didik di Madrasah Tsanawiyah Negeri 10 Jember.
Fokus penelitian ini meliputi: 1) Bagaimana proses pembelajaran akidah akhlak dalam pembentukan karakter jujur, peserta didik di Madrasah Tsanawiyah Negeri 10 Jember. 2) Bagaimana proses pembelajaran akidah akhlak dalam pembentukan karakter disiplin, peserta didik di Madrasah Tsanawiyah Negeri 10 Jember. 3) Bagaimana proses pembelajaran akidah akhlak dalam pembentukan karakter bertanggung jawab, peserta didik di Madrasah Tsanawiyah Negeri 10 Jember.
Tujuan peneliti: 1) Untuk mengetahui proses pembelajaran akidah akhlak dalam pembentukan karakter jujur, peserta didik di Madrasah Tsanawiyah Negeri 10 Jember. (2) Untuk mengetahui proses pembelajaran akidah akhlak dalam pembentukan karakter disiplin, peserta didik di Madrasah Tsanawiyah Negeri 10 Jember. (3) Untuk mengetahui proses pembelajaran akidah akhlak dalam pembentukan karakter bertanggung jawab, peserta didik di Madrasah Tsanawiyah Negeri 10 Jember.
Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data meliputi observasi,wawancara dan dokumentasi, sedangkan analisis data menggunakan model Miles, Huberman, dan Saldana yang meliputi kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data menggunakan triangulasi teknik dan sumber.
Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa : 1.) Proses pembelajaran guru akidah akhlak dalam upaya pembentukan karakter peserta didik adalah dengan cara menyusun rencana pembelajaran akidah akhlak, memberikan motivasi, dan memberikan tugas. 2.) Proses pembelajaran guru akidah akhlak dalam upaya pembentukan karakter siswa adalah dengan cara memberikan contoh disiplin ketika masuk di kelas maupun diluar kelas. 3.) Proses pembelajaran guru akidah akhlak dalam upaya pembentukan karakter peserta didik adalah dengan cara menyusun rencana pembelajaran akidah akhlak dengan memberikan evaluasi berupa tugas kelompok.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Dwi Nurhidayah
Date Deposited: 08 Jan 2024 06:20
Last Modified: 08 Jan 2024 06:20
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/31694

Actions (login required)

View Item View Item