Pengembangan Media Pembelajaran Komik Berbasis Software CorelDRAW X8 Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Kelas VIII SMPN 01 Jombang-Jember Tahun Pelajaran 2022/2023

Nunik, Kurniawati (2023) Pengembangan Media Pembelajaran Komik Berbasis Software CorelDRAW X8 Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Kelas VIII SMPN 01 Jombang-Jember Tahun Pelajaran 2022/2023. Undergraduate thesis, UIN K.H. Ahmad Shiddiq Jember.

[img] Text
Nunik kurniawati_T20189070.pdf

Download (7MB)

Abstract

Nunik Kurniawati, 2023: Pengembangan Media Pembelajaran Komik Berbasis Software
CorelDRAW Pada Mata Pelajaran IPS Kelas VIII Di SMPN 01 JOMBANG-JEMBER Tahun
Pelajaran 2022/2023.

Kata Kunci : Pengembanga, Media pembelajaran komik, CorelDRAW, Mata Pelajaran IPS.

Media pembelajaran komik berbasis Software CorelDraw suatu konsep atau ide kreatif
yang biasa digunakan untuk media pembelajaran. Komik sendiri berkonsep seperti sebuah
buku cerita yang terdapat gambaran beserta alur cerita di rangkai menjadi sebuah naskah cerita
dan di gunakan sebagai media dalam proses pembelajaran.
Penelitian ini bertujuan : (1) Mengetahui Kevalidan media pembelajaran komik
berbasis software coreldraw x8 untuk meningkatkan minat belajar siswa pada mata pelajaran
IPS kelas VIII SMPN 01 Jombang Jember tahun pelajaran 2022/2023, (2) Mengetahui
Kepraktisan penggunaan media pembelajaran komik berbasis software coreldraw x8 untuk
meningkatkan minat belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas VIII SMPN 01 Jombang
Jember tahun pelajaran 2022/2023, (3) Mengetahui keefektifan media pembelajaran komik
berbasis software coreldraw x8 untuk meningkatkan minat belajar siswa pada mata pelajaran
IPS kelas VIII SMPN 01 Jombang Jember tahun pelajaran 2022/2023.
Penelitian ini merupakan penelitian Research And Devolepment (R&D) dengan
menggunakan model ADDIE. Tekhnik pengumpulan data menggunakan wawancara, angket
dan soal latihan. Subjek penelitian ini yaitu peserta didik kelas VIII A SMPN 01 Jombang�Jemberberjumlah 10 siswa uji coba kelompok kecil, dan 31 siswa sebagai uji coba kelompok
besar. Instrument penelitian berupa angket validasi untuk mendapatkan kevalidan dan validator
ahli Desain, ahli materi dan ahli bahasa. Angket respon peserta didik digunakan untuk
mengetahui data kepraktisan. Untuk mengetahui data keefektifan melalui hasil belajar peserta
didik.
Hasil penelitian 1) pada tingkat kevalidan media pembelajaran komik oleh semua para
validator ahli, yaitu ahli desain,ahli materi dan ahli bahasa. Adapun rincian masing-masing
skor yang diperoleh dari para ahli adalah validator ahli desain diperoleh skor 85 %, validator
ahli materi diperoleh skor 78,33%, validator ahli bahasa diperoleh skor sebesar 82,5%. (2)
untuk kepraktisan dilihat dari hasil belajar peserta didik mendapatkan nilai rata-rata 85%
dengan demikian dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran komik berbasis software
coreldraw dikatakan sangat praktis. (3) tingkat keefektifan pada penelitian ini terpenuhi karena
media pembelajaran komik yang dikembangkan mendapatkan nilai dari hasil Pretest dan Post�Test sebesar 77% sehingga dapat disimpulkan media pembelajaran komik Efektif.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130399 Specialist Studies in Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: Nunik Perpustakaan Kurniawati
Date Deposited: 29 Jan 2024 08:27
Last Modified: 29 Jan 2024 08:27
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/31698

Actions (login required)

View Item View Item