PENANAMAN NILAI KARAKTER RELIGIUS MELALUI PROGRAM SEKOLAH SANTRI DI SMPN 2 ARJASA TAHUN PELAJARAN 2022/2023

NUR, Setiawan (2023) PENANAMAN NILAI KARAKTER RELIGIUS MELALUI PROGRAM SEKOLAH SANTRI DI SMPN 2 ARJASA TAHUN PELAJARAN 2022/2023. Undergraduate thesis, UIN KHAS ACHMAD SIDDIQ JEMBER.

[img] Text
IWON JOS SIDANG (1) (3)-1.pdf

Download (21MB)

Abstract

Nursetiawan, 2023 : “Penanaman Nilai Karakter Religius Melalui Program Sekolah Santri di SMPN 2 Jember Arjasa Tahun Pelajaran 2022/2023”
Kata kunci: Karakter Religius, Program Sekolah Santri

SMPN 2 Arjasa membuat program tentang sekolah santri yang dapat membentuk karakter dan kepribadian yang memiliki nilai-nilai moral dan etika sesuai dengan penerapan kurikulum pendidikan. Pendidikan karakter religius dapat menjadi fondasi utama dalam membentuk karakter dan kepribadian siswa agar dapat tumbuh menjadi individu yang bermoral tinggi dan memiliki sikap serta perilaku yang baik.

Fokus penelitian ini adalah bagaimana penanaman nilai karakter religius, apa saja faktor penghambat dan pendukung dalam Penanaman Nilai Karakter Religius Melalui Program Sekolah Santri di SMPN 2 Arjasa Tahun Pelajaran 2022/2023.

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penanaman nilai karakter religius, faktor penghambat dan pendukung dalam Penanaman Nilai Karakter Religius Melalui Program Sekolah Santri di SMPN 2 Arjasa Tahun Pelajaran 2022/2023. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Jenis penelitian ini adalah deskripstif.

Penelitian ini mengambil data dengan metode wawancara, observasi, dan studi dokumentasi. Analisis data penelitian ini menggunakan model miles, hubermen, dan saldana yaitu kondensasi data, penyajian data, dan kesimpulan. Keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan triangulasi sumber dan Teknik.

Hasil penelitian ini adalah Untuk menanamkan suatu karakter khususnya karakter religius di perlukan beberapa cara yaitu dengan pembiasaan, motivasi dan tindakan. 1) Pembiasaan yang dilakukan di SMPN 2 Arjasa yaitu jargon 6S (senyum, sapa, salam, salim, sopan, santun) membiasakan melaksanakan sholat dhuha dan dzuhur, berdoa diawal dan akhir Pelajaran dan. Kegiatan mingguan siswa SMPN 2 Arjasa memakai busana mulim dan Muslimah terutama pada hari jum’at, istigahosah dan membaca yasin bersama serta kegiatan infak dan shadaqah. 2) Motivasi memberikan materi keagamaan pada saat selesai sholat dhuha dan dzuhur yaitu kultum (Kuliah tujuh menit). 3) Dan tindakan yang di mana siswa-siswi yang tidak melaksanakan kegiatan tersebut di beri hukuman yaitu mengaji di ruang guru. Factor pendukung dan penghambat dalam penanaman nilai karakter religius melalui program sekolah santri yaitu faktor penghambat a) fasilitas sekolah kurang memenuhi, b) Faktor lingkungan, c)factor karakteristik siswa, d) kurangnya Pendidikan agama, dan faktor pendukung a) disiplin b) sikap positif dari Masyarakat, c) pendidik memberikan arahan dan contoh yang baik, d) tertib saat melakukan ibadah, e) siswa-siswi sangat antusias dalam memperdalam ilmu agama.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mr NURSETIAWAN Iwan
Date Deposited: 08 Jan 2024 07:06
Last Modified: 08 Jan 2024 07:06
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/31699

Actions (login required)

View Item View Item