STUDI KOMPARASI KONSENTRASI BELAJAR DAN HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA KELAS X BERDASARKAN PERBEDAAN GENDER DI MAN BONDOWOSO

Hasanah, Irodatul (2023) STUDI KOMPARASI KONSENTRASI BELAJAR DAN HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA KELAS X BERDASARKAN PERBEDAAN GENDER DI MAN BONDOWOSO. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
2 SKRIPSI IRODATUL WM.pdf

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK
Irodatul Hasanah, 2023: Studi Komparasi Konsentrasi Belajar dan Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas X Berdasarkan Perbedaan Gender di MAN Bondowoso.

Berdasarkan hasil analisa literatur, observasi serta wawancara di MAN Bondowoso, konsentrasi belajar dan hasil belajar siswa masih memerlukan kajian mendalam dan spesifik, terutama pada pelajaran biologi dan dikaji berdasarkan gender, dengan menganalisis profil konsentrasi belajar,hasil belajar, dan perbedaannya berdasarkan gender, diharapkan dapat membantu guru merancang pembelajaran yang optimal.
Tujuan Penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui perbedaan konsentrasi belajar biologi siswa kelas X antara laki-laki dan perempuan di MAN Bondowoso. 2) Untuk mengetahui perbedaan hasil belajar biologi siswa kelas X antara laki-laki dan perempuan di MAN Bondowoso.
Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian komparatif dengan pendekatan kuantitatif. Metode pengumpulan data pada variabel konsentrasi belajar menggunakan kuesioner/angket dan data hasil belajar diperoleh dari nilai ujian tengan semester (UTS) ganjil siswa. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas X di MAN Bondowoso yang berjumlah 207 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan Purposif Sampling. Jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 35 siswa kelas X C dan 35 siswa kelas X E. Uji Hipotesis perbandingan
antara konsentrasi belajar dan hasil belajar menggunakan Statistik Parametrik Independent z-test yang dibantu dengan program SPSS v22 for windows.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Terdapat perbedaan konsentrasi belajar antara siswa perempuan dan siswa laki-laki dalam pembelajaran biologi, yang dibuktikan dengan uji beda independent sampel z-test diperoleh nilai Asymp sig (tailed) sebesar 0,039. Dengan demikian dapat disimpulkan nilai yang diperoleh tersebut lebih kecil dari nilai probabilitas yakni 0,05 sehingga dapat dinyatakan bahwa konsentrasi belajar siswa perempuan dan laki-laki berbeda
secara signifikan dalam pembelajaran biologi di MAN Bondowoso. 2) Terdapat perbedaan hasil belajar antara siswa perempuan dan siswa laki-laki dalam pembelajaran biologi, yang dibuktikan dengan uji beda independent sampel z-test
diperoleh nilai Asymp sig (tailed) sebesar 0,047. Dengan demikian dapat disimpulkan nilai yang diperoleh tersebut lebih kecil dari nilai probabilitas yakni 0,05 sehingga dapat dinyatakan bahwa konsentrasi belajar siswa perempuan dan laki-laki berbeda secara signifikan dalam pembelajaran biologi di MAN Bondowoso.
Kata Kunci: Konsentrasi Belajar, Hasil Belajar, Gender, Biologi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 06 BIOLOGICAL SCIENCES > 0699 Other Biological Sciences > 069999 Biological Sciences not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Biologi
Depositing User: Irodatul Hasanah
Date Deposited: 08 Jan 2024 06:22
Last Modified: 08 Jan 2024 06:22
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/31704

Actions (login required)

View Item View Item