Pembelajaran Kitab Aqidatul Awam Sebagai Upaya Menanamkan Nilai Aqidah Siswa Kelas VIIB di SMP Al Hasan 01 Kemiri Panti-Jember

Isolera, Nadiva (2024) Pembelajaran Kitab Aqidatul Awam Sebagai Upaya Menanamkan Nilai Aqidah Siswa Kelas VIIB di SMP Al Hasan 01 Kemiri Panti-Jember. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Nadiva Chessa Isolera _T20181276.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh adanya sekolah yang dalam pembelajarannya terdapat pembelajaran kitab Aqidatul Awwam untuk mengajarkan kepada siswanya tentang nilai aqidah. Yang mana nilai aqidah yakni sangat pending dan perlu diajarkan pada anak sejak dini. Dengan aqidah seseorang bisa menentukan kualitas agama seseorang danmasa depan seseorang itu sendiri. Maka dari itu peneliti tertarik untuk mengambil judul “Pembelajaran Kitab Aqidatul Awam Sebagai Upaya Menanamkan Nilai Aqidah Siswa Kelas VIIB di SMP Al Hasan 01 Kemiri Panti-Jember”. Fokus penelitian dalam penelitian ini adalah 1) Bagaimana perencanaan pembelajaran Kitab Aqidatul Awwam sebagai upaya menanamkan nilai Aqidah siswa kelas VIIB di SMP Al Hasan 01 Kemiri Panti-Jember? 2) Bagaimana pelaksanaan pembelajaran Kitab Aqidatul Awwam sebagai upaya menanamkan nilai Aqidah siswa kelas VIIB di SMP Al Hasan 01 Kemiri Panti-Jember? 3) Bagaimana evaluasi pembelajaran Kitab Aqidatul Awwam sebagai upaya menanamkan nilai Aqidah siswa kelas VIIB di SMP Al Hasan 01 Kemiri Panti- Jember?
Dalam melaksanakan penelitian peneliti menggunakan metode penelitian kualitatif dengan jenis penelitian field research (penelitian lapangan). Teknik dalam mengumpulkan data peneliti menggunakan teknik wawancara, observasi, dan dokuentasi. Sedangkan untuk menganalisis data peneliti menggunakan model Miles, Huberman dan Saldana. Terakhir untuk menguji keabsahan data peneliti menggunakan triangulasi teknik, dan triangulasi sumber. Penelitian ini mendapatkan hasil penelitian sebagai berikut : 1) Pada tahap perencanaan pembelajaran yakni guru membuat RPP untuk lebih terarah. Dalam satu hari akan membahas satu bait hingga mendetail dan santri-santri paham bait tersebut. 2) Pelaksanaan pembelajaran Kitab Aqidatul Awwam termasuk pelajaran yang memang dibuat oleh Kepala Sekolah sebagai pelajaran khusus tidak menumpang pada pembelajaran lain. Pembelajaran Aqidatul Awwan dilakukan pada setiap hari Kamis, satu minggu sekali di jam 09:30 hingga jam 11:00. Pada setiap harinya guru akan membahas satu bait demi satu bait dan menjelaskan dengan metode ceramah. Pada Awal pembelajaran guru dan siswa akan Membaca Kitab Aqidatul Awwam dengan menyanyikan secara bersama-sama. Kemudian dilanjutkan penjelasan dari guru setiap bait dalam satu hari. Guru juga menerangkan tentang Nilai Aqidah yang Ilahiyat, Nubuwat, Ruhaniyyat dan Sam’iyat yang dikaitkan dengan Kitab Aqidatul Awwam dan semua ada dalam kitab. 3) Pada tahap evaluasi yakni untuk mengukur seberapa sukses pembelajaran berlangsung dengan mengadakan ujian lisan dan tertulis pada akhir semester.
Kata Kunci : Pembelajaran, Kitab Aqidatul Awwam, Nilai Aqidah.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130399 Specialist Studies in Education not elsewhere classified
13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Depositing User: Skripsi NADIVA CHESSA ISOLERA
Date Deposited: 08 Jan 2024 06:36
Last Modified: 08 Jan 2024 06:36
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/31711

Actions (login required)

View Item View Item