Pola Interaksi Antara Kiai Dengan Santri di Pondok Pesantren Al-Faruq Jember Dalam Perspektif Kitab Taklim Al-Mutakalim Thariq Al-Takalum

Bahrian, Ahmad (2024) Pola Interaksi Antara Kiai Dengan Santri di Pondok Pesantren Al-Faruq Jember Dalam Perspektif Kitab Taklim Al-Mutakalim Thariq Al-Takalum. Undergraduate thesis, Uin Kh achmad shidiq Jember.

[img] Text
AHMAD BAHRIAN FIRDAUS T20191403.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian di laksanakan berdasarkan keterkaitan peneliti mengnenai nilai
nilai pembelajaran yang terkandung didalam kitab ta‟lim mutaálim. kitab Ta‟lim
Muta‟alim di jadikan kitab wajib yang ada di seluruh pondok pesntren karna
didalamnya memberikan dasar etika dan norma norma dalam hubungan antara
kiai dan santri di dalam menciptakan hubungan edukatif antara pendidik/kiai
dengan peserta didik/santri. Pelneliltilan ilnil unilk karelna melngelksplorasil pelndelkatan
pelmbelajaran Ta'lilm Muta'alilm, yang mungkiln belum banyak dilteliltil dalam
kontelks akadelmilk.
Fokus masalah yang diteiliti pada penelitian adalah ) bagaimana pola
interaksi anatara kiai dengan santri didalam pembelajaran kitab di pondok Al�Faruq Jember, ) Bagaimana kesesuaian pola interaksi berdasarkan pembelajaran
yang diterapkan dengan perspektif nilai nilai yang terkandung di dalam kitab
Ta‟lim Mutaálim. Tujuan penelitian ini ada dua. )untuk mendeskripsikan
bagaimana pola interaksi yang terjadi antara kiai dengan santri didalam
pembelaajaran di pondok pesantren Al-Faruq Jember. ) untuk mendeskripsikan
bagaimana kesesuaian pola interaksi berdasarkan pembelajaran yang diterapkan
dengan perspektif nilai nilai yang terkandung di dalam kitab Ta‟lim Mutaálim.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian
Deskriptif. Metode yang digunakan untuk mengumpulkan data didalam penelitian
ini menggunakan tekhnik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Data di
analisis dengan model yang di kembangakan oleh miles Huberman yang terdiri,
kondensasi data, penyajian data, penarikan kesimnpulan dan verivikasi, Dan
keabsahan datanya menggunakan Teknik triangulasi sumber dan triangulasi
tekhnik.
Hasil dari penelitian sebagai berikut : ( pola interaksi di pondok
pesantren Al-Faruq Jember mencakup kombinasi pola satu arah, dua arah, dan
multi arah. pola satu arah pada saat memberikan penjelasan dan nasehat, dua arah
melalui kegiatan sorogan, dan multi arah saat melakukan diskusi pasca
pembelajaran. ) Pola Interaaksi antara kiai dan santri di pondok pesantren Al�Faruq Jember sesuai dengan Nilai nilai yang diajarkan oleh syekh Al-Zarnuzi
mengenai pola interaksi edukatif didalam kitab ta‟lim mutaálim yang menyatakan
bahwa pola interaksi guru dan murid itu ada dua, pola guru-murid, Pola guru�murid-murid-murid-guru Hal ini sesusai dengan teori Nana Sujana yang
mencakup pola interaksi antara guru dan murid itu ada tiga yaitu komunikasi
sebagai aksi, komunikasi interaksi, dan komunikasi sebagai transaksi. Teori ini di
dukung oleh teori syaiful bahri djamarah yang memberikan model pola interaksi
edukatif yaitu, pola guru-murid, pola guru-murid-guru, pola guru-murid-murid�guru-murid-murid.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE > 2001 Communication and Media Studies > 200101 Communication Studies
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: ahmad bahrian firdaus
Date Deposited: 09 Jan 2024 01:59
Last Modified: 09 Jan 2024 01:59
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/31714

Actions (login required)

View Item View Item