Upaya Guru dalam Meningkatkan Kefasihan Membaca Al-Quran dengan Menggunakan Metode Yanbu’a Kelas Finishing Taman Pendidikan Al-Quran Al-Barokah Desa Bulurejo Kecamatan Purwoharjo Kecamatan Banyuwangi

Purwati, Anik (2024) Upaya Guru dalam Meningkatkan Kefasihan Membaca Al-Quran dengan Menggunakan Metode Yanbu’a Kelas Finishing Taman Pendidikan Al-Quran Al-Barokah Desa Bulurejo Kecamatan Purwoharjo Kecamatan Banyuwangi. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Anik Purwati _T20191471 .pdf

Download (2MB)

Abstract

Taman pendidikan Al-Barokah ini menggunakan metode Yanbu'a karena menemukan peserta didiknya masih kurang baik dalam membaca Al-Qur‟an. Taman Pendidikan Al-Qur‟an Al- Barokah pengajaran Al-Qur'an dengan metode Yanbu'a ada agar peserta didik dapat membiasakan membaca Al-Qur'an dengan menggunakan metode yang diajarkan dan meningkatkan kemampuan belajarnya Fokus pada penelitian ini yaitu 1) bagaimana Upaya guru dalam meningkatkan kefasihan dalam membaca AL-Qur‟an dengan menggunakan Metode Yanbu‟a kelas finishing Taman pendidikan Al-Qur‟an Al-Barokah Desa Bulurejo Kecamatan Purwoharjo Kabupaten Banyuwangi. 2) Bagaimana hasil Upaya guru dalam meningkatkan kefasihan membaca Al-Qur‟an dengan menggunakan Metode Yanbu‟a kelas finishing Taman Pendidikan Al-Qur‟an Al-Barokah Desa Bulurejo Kecamatan Purwoharjo Kabupaten Banyuwangi
Tujuan penelitian dalam skripsi ini yaitu: untuk mengetahui bagaimana Upaya guru dalam meningkatkan kefasihan membaca Al-Qur‟an dengan menggunakan Metode Yanbu‟a kelas finishing Taman Pendidikan Al-Qur‟an Al-Barokah Desa Bulurejo Kecamatan Purwoharjo Kabupaten Banyuwangi. 2) Untuk mengetahui bagaimana hasil Upaya guru dalam meningkatkan kefasihan membaca Al-Qur‟an dengan menggunakan Metode Yanbu‟a kelas finishing Taman Pendidikan Al-Qur‟an Al-Barokah Desa Bulurejo Kecamatan Purwoharjo Kabupaten Banyuwangi Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Jenis penelitian yang digunakan penelitian ini adalah jenis penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah Teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini terdiri 4 tahap yaitu pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data penarikan kesimpulan. Uji keabsahan data yang digunakan triangulasi sumber dan triangulasi Teknik. Penelitian ini memperoleh kesimpulan bahwa Upaya yang dilakukan guru untuk meningkatkan kefasihan membaca Al-Qur‟an kelas finishing Taman Pendidikan Al-Qur‟an Al- Barokah Desa Bulurejo Kecamatan Purwoharjo Kabupaten Banyuwangi yaitu guru melakukan drill makhorijul huruf, klasikal individual dan sorogan. Untuk peningkatan hasil belajar peserta didik sudah mampu menerapkan Metode Yanbu‟a dengan baik seperti kecepatan ketepatan membaca Al-Qur‟an. Peserta didik juga mampu memperbaiki kesalahan ketika membaca Al- Qur‟an. Dan peserta didik mampu memahami materi yang telah diberikan oleh guru sehingga kualitas membaca Al-Qur‟an sudah cukup baik. Untuk mengetahui tingkat keberhasilan peserta didik guru melakukan tes kenaikan jilid kemudian dilanjut ujian akhir di kabupaten. Kemudian kendala yang ada yaitu kurangnya dukungan orang tua, ketekunan anak yang masih kurang dan masih banyak peserta didik yang kurang aktif dan kemampuan peserta didik yang berbeda-beda. Faktor pendukungnya yaitu metodenya mudah dimengerti dan dipahami sehingga peserta didik mudah mempelajari, bukunya mudah di dapat. Dan memudahkan peserta didik Ketika ujian Al- Qur‟an di sekolah, fasilitas yang sudah cukup baik. Sedangkan faktor penghambatnya yaitu kurang sadarnya wali santri terhadap peserta didik sehingga menimbulkan peserta kurang aktif dalam mengikuti pembelajaran, dan kurangnya peserta didik menaati peraturan.
Kata kunci: Metode Yanbu‟a, Upaya guru dalam meningkatkan kefasihan dalam membaca Al- Qur‟an.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130399 Specialist Studies in Education not elsewhere classified
13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Depositing User: Skripsi Anik Purwati
Date Deposited: 08 Jan 2024 06:37
Last Modified: 08 Jan 2024 06:37
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/31715

Actions (login required)

View Item View Item