Analisis Yuridis Pembunuhan Akibat Kelalaian Oleh Aparat Penegak Hukum Yang Menyebabkan Kematian Perspektif Hukum Pidana Islam dan Hukum Positif

tedysaka, firgiansyah (2023) Analisis Yuridis Pembunuhan Akibat Kelalaian Oleh Aparat Penegak Hukum Yang Menyebabkan Kematian Perspektif Hukum Pidana Islam dan Hukum Positif. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
SKRIPSI TEDY REVISI SIDANG.pdf

Download (1MB)

Abstract

Tedy Saka Firgiansyah, 2023: Analisis Yuridis Pembunuhan Akibat Kelalaian Oleh Aparat Penegak Hukum Yang Menyebabkan Kematian Perspektif Hukum Pidana Islam Dan Hukum Positif.

Kata Kunci: Pembunuhan, Kelalaian, Aparat Penegak Hukum

Pelaksanaan penegakan hukum tentu saja akan berdampingan dengan sebuah permasalahan-permasalahan yang ditimbulkan di lingkungan masyarakat dan pemerintahan, namun permasalahan tersebut sering timbul pada lingkungan yang ada di masyarakat. Apabila dilihat dari hukum Islam peristiwa salah tembak hingga menyebabkan korban jiwa, maka harus di hukum meskipun pelaku merupakan seorang penegak hukum. Dalam hukum Islam, peristiwa ini termasuk dalam kategori pembunuhan yang dilakukan tanpa disengaja namun disebabkan karena faktor kelalaian dalam menjalankan sebuah tugas, sehingga hukuman yang harus diterima yaitu hukuman Diyat
Fokus kajian yang diteliti ialah: (1) Bagaimana Sanksi Pembunuhan Akibat Kelalaian Aparat Penegak Hukum Yang Menyebabkan Kematian Perspektif Hukum Pidana Islam?. (2) Bagaimana Sanksi Pembunuhan Akibat Kelalaian Aparat Penegak Hukum Yang Menyebabkan Kematian Perspektif Hukum Positif?. (3) Bagaimana Karakteristik Sanksi Pembunuhan Akibat Kelalaian Aparat Penegak Hukum Yang Menyebabkan Kematian Perspektif Hukum Pidana Islam Dan Hukum Positif?.
Tujuan penelitian ini adalah: (1) Untuk Mendeskripsikan Sanksi Pembunuhan Akibat Kelalaian Aparat Penegak Hukum Yang Menyebabkan Kematian Perspektif Hukum Pidana Islam. (2) Untuk Mendeskripsikan Sanksi Pembunuhan Akibat Kelalaian Aparat Penegak Hukum Yang Menyebabkan Kematian Perspektif Hukum Positif. (3) Untuk Mendeskripsikan Karakteristik Sanksi Pembunuhan Akibat Kelalaian Aparat Penegak Hukum Yang Menyebabkan Kematian Perspektif Hukum Pidana Islam Dan Hukum Positif.
Penelitian ini berupa hukum normatif dengan makna sebuah penelitian yang dilakukan dengan cara memperoleh data-data maupun informasi sesuai dengan isu hukum yang di bahas melalui bahan pustaka.
Hasil dari penelitian ini adalah (1) Sanksi terhadap pelaku pembunuhan tidak sengaja jika benar-benar murni unsur ketidaksengajaan si pelaku cukup menjalankan hukuman diyat dan kafarat dan hukuman penggantinya adalah berpuasa selama dua bulan berturut-turut serta hukuman tambahannya adalah tidak mendapatkan warisan dan wasiat dari terbunuh. (2) Sanksi pidana dalam KUHP itu dijelaskan yaitu berupa hukuman pidana penjara paling sedikit satu tahun dan paling lama lima tahun. (3) Dalam hukum pidana Islam tidak mengatur secara khusus tentang aparat penegak hukum yang melakukan pembunuhan tidak sengaja, karena didalam hukum pidana Islam mengatur secara global tentang sanksi bagi pembunuhan tidak sengaja.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180110 Criminal Law and Procedure (incl. Islamic Criminal Law, Jinayat)
Divisions: Fakultas Syariah > Hukum Pidana Islam
Depositing User: Mr Perpustakaan Uinkhasjember
Date Deposited: 08 Jan 2024 07:11
Last Modified: 08 Jan 2024 07:11
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/31716

Actions (login required)

View Item View Item